Follow Us

Bad Mood Itu Hal Yang Wajar, Bahkan Banyak Manfaatnya Bagi Mental. Jangan Melulu Dihindari

Rizki Ramadan - Kamis, 25 Mei 2017 | 11:16
hashtag galau
Rizki Ramadan

hashtag galau

Emosi kita itu emang suka nggak menentu. Kadang senang, kadang ngerasa datar-datar saja, dan kadang kita ngerasa bad mood banget.

Sebagai manusia, nyatanya kita nggak perlu menghindari perasaan nggak enak itu, lho. Sejumlah penelitian mengungkap bahwa rasa sedih atau mood yang nggak enak itu harus dianggap wajar. Bahkan, ada sederetan manfaat yang akan kita rasakan, terutama dalam hal adaptasi dengan lingkungan dan tantangan sehari-hari.

Salah satu manfaatnya secara psikologi adalah bahwa bad mood itu menjadi peringatan agar kita memberi tahu ke sekeliling bahwa kita butuh di-notice. Selain itu, ini dia manfaat-manfaat lain yang bisa kita rasakan ketika bersedih:

1. Ingatan Kita Meningkat.

Ternyata, bad mood membuat kita jadi mengingat suatu momen dengan sangat detil.

2. Lebih Jernih Menilai Masalah.

Karena saat bad mood kita cenderung nggak bias dan terganggu dalam memberi kesan pada sesuatu. Kita nggak jadi gampang percaya, nggak kemakan stigma.

3. Jadi Termotivasi Kemudian

Kalau dalam keadaan tertekan, somehow, kita jadi mencari-cari cara untuk bangkit dari situ. Itulah mengapa, alih-alih jadi demotivasi, kalau lagi bad mood, kita jadi berusaha keras dalam melakukan pekerjaan.

4. Meyakinkan

Ya, ternyata, kalau lagi bad mood, kita jadi bisa mengatakan sesuatu lebih berpengaruh. Bisa mengajak dengan lebih baik. Lebih meyakinkan.

5. Lebih Adil

Walau cenderung menolak banyak hal, nyatanya tiap lagi bad mood kita jadi terbuka pada ekspektasi sosial dan norma. Karena itu, kita jadi adil dan nggak selfish.

Source : http://lifestyle.kompas.com/read/2017/05/24/100000720/tak.pe

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular