Follow Us

5 Pesepakbola Hebat yang Pensiun Musim Ini, Nggak Salah Kalo Disebut Legenda!

Alvin Bahar - Senin, 22 Mei 2017 | 08:16
Lahm dan Totti
Alvin Bahar

Lahm dan Totti

Dunia sepak bola lagi-lagi harus kehilangan pemain besarnya nih. Sebab, ada beberapa pesepakbola ternama yang pensiun pada akhir musim 2016/2017. Mereka, menurut HAI, layak kalo disebut sebagai legenda. Siapa aja ya?

1 - Dirk Kuyt

Striker sekaligus kapten Feyenoord Rotterdam, Dirk Kuyt, yang kini telah berusia 36 tahun akhirnya memutuskan pensiun sebagai pemain pada akhir 2016-2017.

Meski sudah nggak muda, Kuyt sebenarnya masih menjadi andalan Feyenoord. Dalam 34 pertandingan Eredivisie atau kasta tertinggi Liga Belanda musim ini, eks penyerang timnas Belanda itu dipercaya pelatih Giovanni van Bronckhorst tampil 31 kali.

Kuyt juga memberikan kontribusi besar dalam kesuksesan mengantarkan Feyenoord menjadi juara Liga Belanda. Ia menjadi pemain tersubur ketiga dengan 12 gol setelah Nicolai Jorgensen (21 gol) dan Jens Toornstra (14).

Kuyt pun menjadi pahlawan tim dengan mencetak hat-trick saat Feyenoord mengalahkan Heracles 3-1 pada pekan terakhir. Gelar tersebut juga sudah lama dinantikan oleh De club aan de Maas sejak 1998-1999 atau 19 tahun silam.

"Di sepanjang karier, saya selalu mengikuti apa kata hati dalam mengambil keputusan. Hal ini juga berlaku dalam menentukan yang satu ini," kata Kuyt kepada BBC.

"Bagi saya, ini adalah waktu yang tepat untuk pensiun," ucapnya.

2 - Phillip Lahm

Bayern akan kehilangan pemain andalan lainnya, yaitu Philipp Lahm. Ya, seusai pertandingan menghadapi VFL Wolfsburg pada Febuari lalu, Lahm secara resmi mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun dari dunia sepak bola pada akhir musim nanti.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest