Follow Us

Terinspirasi Dari Kisah Marsinah, Marjinal Menciptakan Lagu Tentang Buruh

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 01 Mei 2017 | 11:16
Marjinal Band
Bayu Dwi Mardana Kusuma

Marjinal Band

Tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari buruh internasional, dimana pada hari ini para buruh di beberapa negara turun kejalan untuk menyuarakan hak-hak mereka atas apa yang mereka kerjakan selama ini.

Banyak dari musisi-musisi yang ikut menyuarakan hari buruh ini, salah satunya Marjinal band beraliran Punk Rock yang dibentuk pada tahun 1997. Lagunya yang berjudul Marsinah, terinspirasi dari perjuangan aktivis dan buruh perempuan bernama Marsinah.

Buat kalian mungkin belum tau siapa itu Marsinah, jadi Marsinah adalah seorang aktivis dan buruh pabrik di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur yang diculik dan kemudian ditemukan terbunuh pada 8 Mei 1993 setelah menghilang selama tiga hari. Mayatnya ditemukan di hutan, dusun Jegong, desa Wilangan dengan tanda-tanda bekas penyiksaan berat.

Sebelum hilang ia terlibat dalam aksi unjuk rasa tersebut antara lain terlibat dalam rapat yang membahas rencana unjuk rasa pada tanggal 2 Mei 1993, sampai pada tanggal 5 Mei 1993 Marsinah menjadi salah seorang dari 15 orang perwakilan karyawan yang melakukan perundingan dengan pihak perusahaan. Pada tanggal 6 Marsinah hilang dan ditemukan pada tanggal 8 Mei 1993.

Dari kisah itulah Marjinal menciptakan lagu Marsinah..

Kulihat

Buruh perempuan

Berkeringat

Membasahi bumi

Yang gelap

Energi yang kau curahkan

Begitu besar tlah kurasakan

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest