Lahir tahun 1995, cewek berusia 22 tahun bernama Stefani Adelia Setiawan ini nyatanya berhasil ngemban profesi yang biasanya diemban sama cowok. Yap, dia dipercayai sebuah kerjaan ber-titlegame designer, di sebuah perusahaan game terkemuka di Indonesia: Agate.
Ya, kalo biasanya profesi ini diambil sama kaum cowok, terutama para gamers cowok yang sekaligus bisa mendesain game, maka Stefani jadi salah satu game designer cewek yang kiprahnya di Agate boleh bikin kita para lakiAwalnya, doi sempet dapet major course Game Design pas kuliah. Mau nggak mau, Stefani harus mengerjakan tugas-tugasnya. Lantas…
“Dari sana, aku baru ngerasa, kok seru yah, nge-designgame? Bisa bikin game sesuai dengan keinginan kita, dan bisa nyiptain model sekaligus alur ceritanya juga. Tapi pikiran aku baru sampe di situ aja. Masih have fun,” cerita Stefani yang HAI hubungi lewat surel. “Kemudian aku masuk internship di salah satu appand mobile games developer di Malaysia, di sana semua intern harus ikutan pitching per bulan, di situ aku makin tertarik di dunia game design. Meski nggak tau detil kerjaannya ngapain, aku ngerasa ‘wah, pengen nih, design game lagi dan lagi,” lanjut cewek yang emang berkuliah di Malaysia dan magang di sana.
Barangkali kamu masih bingung sama detil dari profesi game designer ini, Stefani berbaik hati ngasih kita detilnya. Kali aja kamu tertarik dan nggak galau-galau amat milih jurusan kuliah.
Kerjaan itu, sih, kurang lebih untuk balancing antara data dan konten game yang lagi dibuat, improve gameplay sama player experience-nya, mengumpulkan internal feedback, plus ngerevisi desain game-nya lagi kalau dibutuhkan.
Tantangan dan Suka Duka
Namanya profesi, apalagi profesi yang nggak sembarangan bisa diserahin ke orang yang kurang paham di bidangnya, udah jelas kalo Stefani ngedapetin tantangannya tersendiri. Salah satunya adalah, menciptakan karya games yang bisa disukai banyak orang, baik sama cowok ataupun cewek. Bukan cuma disukai salah satu kaum aja.“Yang nggak terlalu spesifik buat cewek, atau buat cowoknya. Harus seimbang. Dan mikirin fitur-fitur yang bisa bikin game-nya semakin menarik, disukai, dan di-download banyak orang,” jabar cewek yang ngaku sebagai sosok pekerja keras ini.
Soal hal lain yang mungkin malah nyenengin buat diri Stefani, yakni ketika game yang dibikinnya rilis dan ia memperoleh banyak feedback positif. Kalo udah kayak gini, sih, tantangan tadi udah nggak berarti apa-apa lagi. Happiness beats everything, kalo ini mah.
“Selain itu, pas pitching time, itu juga termasuk waktu yang paling seru. Karena pas itu, kita, tim, udah mikir susah-susah game-nya mau dibentuk seperti apa, kasih ide biar game-nya menarik, eh lalu tiba-tiba game-nya bisa aja nggak jadi dibikin. Wasted! Hahaha,” bilangnya lebih lanjut.