Follow Us

5 Film Tentang Kisah Hidup Seorang Penulis Yang Menarik Buat Kamu Simak

Dimas Yulian - Selasa, 18 April 2017 | 02:30
Salah satu adegan dalam film Ruby Sparks
Dimas Yulian

Salah satu adegan dalam film Ruby Sparks

Buat kamu yang hobi baca buku, saat nemu satu buku yang bagus, pasti sering ngerasa penasaran tentang bagaimana sebenernya sosok penulisnya. Hal yang wajar sih, sama halnya dengan ketika nonton sebuah film bagus yang pasti sering bikin kamu penasaran siapa sutradara di belakangnya. Selain pengen tahu bagaimana sosok asli penulisnya, hal yang kemudian sering bikin penasaran adalah gimana sebenernya proses kreatif ketika sedang mengerjakan karyanya.

Karena itu tercatat banyak film lokal maupun Hollywood yang mengangkat kehidupan para penulis ketika sedang memulai proses kreatifnya. Tahun lalu, ada film Genius yang menceritakan tentang kehidupan penulis Thomas Wolfe yang diperankan oleh Jude Law dan sang editor Maxwell Perkins (Collin Firth). Kisah tentang hubungan keduanya sebagai penulis dan editor sangat menarik untuk disimak.

Nggak cuma film yang diangkat dari kisah nyata aja, ternyata ada juga beberapa film fiksi Hollywood yang mengambil setting cerita seorang penulis. Ini ngebuktiin kalo kehidupan seorang penulis emang cukup menarik buat dituangkan dalam medium sebuah film, ini dia 5 di antaranya:

Capote – 2005

Dirilis pada tahun 2005 yang lalu, film yang disutradarai oleh Bennet Miller ini, langsung menempatkan sang pemeran utama Philip Seymour Hoffman sebagai penerima Piala Oscar dalam kategori Best Actor. Sesuai dengan judulnya, film ini diangkat dari kisah nyata Truman Capote penulis terkenal asal Amerika Serikat.

Dalam film ini diceritakan bagaimana Truman Capote melakukan penyelidikan untuk menulis novel terkenalnya In Cold Blood. Novelnya sendiri bercerita tentang sebuah pembunuhan yang menimpa satu keluarga di Kota Kansas. In Cold Bold sendiri akhirnya menjadi salah satu buku yang melambungkan Truman Capote. Bukunya sendiri kemudian diangkat menjadi film dengan judul yang sama pada tahun 1967.

The Hours – 2002

Film yang dibintangi oleh Nicole Kidman, Julianne Moore, dan peraih langganan Piala Oscar Meryl Streep ini mengisahkan tentang kehidupan Virginia Woolf, seorang penulis ternama asal Inggris. Dalam film ini ditampilkan tiga wanita dari generasi berbeda yang terhubung melalui novel Mrs. Dalloway karya Virginia Woolf.

Ketiganya ialah Clarissa Vaughn (Merryl Streep) yang sedang menyiapkan pesta untuk seorang penderita AIDS, Laura Brown (Juliane Moore) seorang wanita hamil yang tidak bahagia dengan pernikahannya, dan Virginia Woolf (Nicole Kidman) sendiri yang harus berhadapan dengan penyakit mental dan depresi ketika menulis novelnya.

Ruby Sparks – 2012

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular