Follow Us

Akan Hadir, Layar "Mutan" untuk Smartphone. Kalau Layar Retak, Bisa Sembuh Sendiri!

Rizki Ramadan - Kamis, 06 April 2017 | 04:30
Ilustrasi layar ponsel pecah(www.nextbigwhat.com)
Rizki Ramadan

Ilustrasi layar ponsel pecah(www.nextbigwhat.com)

Yang paling menyebalkan dari smartphone adalah LCDnya. Secanggih-canggih prosesor dan kameranya, sampe saat ini belum ada tuh LCD smartphone yang bener-bener tahan banting. Buktinya, nggak sedikit temen kita yang yang LCD nya retak dan dibiarkan berbulan-bulan karena mager di bawa ke tukang servis.

Maka kita perlu berterima kasih pada sekumpulan peneliti ahli kimia di University of California. Mereka sudah bisa menemukan teknologi untuk membuat layar bisa kembali ke bentuk semula jika tergores atau retak.

Bahan baku dari LCD ini adalah polimer yang bisa meregang diolah dengan garam ionik sehingga LCD bisa meregang 50 kali lipat dibanding ukuran aslinya.

Nah, kemampuan menyembuhkan diri kayak Wolverine ini diperoleh dari ion dan molekul yang bisa salik tarik menarik secara otomatis. Udah gitu karena dilengkapi perekat khusus bernama ion-dipole interaction. Perekat inilah yang bikin ion bermuatan positif bisa menempel ke kutub-kutub molekul.

Layar Balik ke Kondisi Semula Kurang Dari 24 Jam.

Chao Wang, pemimpin penelitian tersebut, seperti dilansir Kompas Tekno dari 9to5Mac, yang paling keren dari bahan baku layar ini adalah kemampuan untuk menyambungkan diri lagi setelah terputus. Bahkan, sempat dicoba, walau dibelah dua pun layar bisa menyambung lagi secara otomatis kurang dari 24 jam.

Menurut perkiraan, bahan baku ini baru bisa diterapkan di smartphone pada 2020 mendatang. Sabar sedikit yah.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest