Follow Us

Cadas Juga Bisa Cerdas! Ini Dia 4 Rockstar Yang Punya Gelar Ph.D

Dimas Yulian - Sabtu, 01 April 2017 | 03:00
Greg Graffin – Bad Religion
Dimas Yulian

Greg Graffin – Bad Religion

Apapun bentuknya, baik di bangku akademis atau non-akademis, formal atau pun non-formal., peran pendidikan udah terbukti punya banyak manfaat buat banyak orang. Nggak cuma buat diri sendiri tapi juga buat lingkungan yang ada disekitar kamu. Kalo saat ini kamu ngerasa punya bakat di bidang tertentu seperti olahraga dan seni, dan memutuskan buat berkarier secara profesional di bidang tersebut. Bukan berarti kamu kemudian harus ninggalin pendidikan formal yang saat ini kamu jalani.

Di Amerika misalnya, ada konsep student-athlete yang memungkinkan seseorang dengan bakat di bidang olahraga tetap bisa berkarier dan mendapatkan pendidikan formal baik di tingkat SMA hingga Perguruan Tinggi. Bagaimana dengan bidang musik? Selain bisa kamu tempuh lewat pendidikan formal, seperti SMK dan Perguruan Tinggi khusus seni. Bermain musik secara profesional sambil tetap bersekolah di jalur formal bukan sesuatu yang mustahil kok.

Musisi yang ada di daftar ini jadi buktinya. Nggak cuma sukses di karier musiknya para rockstar dunia ini bahkan juga punya gelar prestisius Ph.D di bidang akademis, gelar yang kalo di Indonesia setara dengan gelar S3 atau Doktor di perguruan tinggi. Para musisi ini sadar, bahwa pendidikan adalah hal penting yang nggak bisa diabaikan begitu saja, ini dia empat di antaranya!

Greg Graffin – Bad Religion

Greg Graffin – Bad Religion
Sebenernya udah bukan rahasia lagi kalo sang vokalis, Greg Graffin, adalah sosok yang dekat dengan bidang akademis. Selain udah nulis beberapa buku yang keren, Greg juga punya gelar P.hD di bidang Zoology dari Cornell University. Judul disertasinya pun cukup menarik “Evolution, Monism, Atheism, and the Naturalist World-View: Perspectives from Evolutionary Biology”. Nggak hanya itu, Greg juga tercatat sebagai salah satu dosen sains di Cornell University dan UCLA.

Dexter Holland – The Offsprings

Dexter Holland – The Offsprings
Siapa yang sangka vokalis dari band punk The Offspring, Dexter Holland, adalah sosok yang sama jeniusnya di bidang musik dan akademis? Dexter memiliki gelar Ph.D di bidang Molekular Biologi dari University of Southern California. Dia pernah menulis paper terkait dengan gen manusia berjudul ‘Identification of Human MicroRNA-Like Sequences Embedded within the Protein-Encoding Genes of the Human Immunodeficiency Virus’. Whooa.. I know you wanna hit that, hit that!

Brian May – Queen

Brian May – Queen
Gitaris band legendaris asal Inggris, Brian May, bisa dibilang salah satu musisi yang karier musik dan akademisnya sama-sama mentereng. Pada tahun 2007 lalu, atau lebih dari 30 tahun setelah dirinya memulai studinya, Brian May sukses mendapatkan gelar Ph.D di bidang Astrophysics dari Imperial College. Nggak hanya itu, Brian juga sempat jadi rektor di Liverpool John Moores University dari tahun 2008 sampai 2013 lalu. Kurang keren apa coba?

Milo Aukerman – The Descendents

Milo Aukerman – The Descendents
Vokalis Descendents, Milo Auckerman, ternyata nggak cuma garang di panggung aja. Selain sebagai frontman dari band punk yang udah terbentuk dari tahun 1977 ini, Milo juga tercatat musisi yang punya gelar Ph.D dari UC San Diego. Sama seperti Dexter Holland, Milo juga punya gelar Ph.D di bidang biologi.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest