Follow Us

Punya 2 Kepala Negara, Ini Dia 4 Fakta Unik San Marino. Negara Republik Tertua Di Dunia

Dimas Yulian - Kamis, 30 Maret 2017 | 04:00
San Marino
Dimas Yulian

San Marino

Pernah denger negara San Marino? Beberapa dari kalian mungkin pernah denger nama negara ini dari beberapa pertandingan kualifikasi Piala Eropa. Buat masalah bola negara ini emang nggak jago-jago banget, tapi San Marino ternyata punya beberapa hal unik yang mungkin nggak dimiliki negara lain.

San Marino adalah negara enclave yang secara geografis terletak di semenanjung timur laut Italia. Republik San Marino dalam bahasa Italia disebut dengan ‘Serenissima Republica di San Marino’. Wilayahnya sendiri berada di pegunungan yang alami dan punya iklim empat musim. Ada segudang keunikan dari negara ini yang mungkin nggak kamu ketahui, ini dia 4 di antaranya:

Negara Republik Tertua Di Dunia

Bendera San Marino
San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia yang dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab. Sedangkan secara konstitusi, San Marino disahkan jadi sebuah negara pada tahun 1600. Bahkan konstitusi San Marino ini adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku hingga saat ini.

Bebas Pajak

San Marino
Uniknya, walaupun punya konstitusi tertua di dunia, San Marino bahkan punya kebijakan bebas pajak buat warga negaranya. "San Marino itu negara bebas pajak, tanpa perbatasan dan hanya dibutuhkan visa schengen buat masuk,” kata Putri Mustika, Staf Hubungan Masyarakat Kedutaan Besar San Marino buat Indonesia, seperti dikutip dari Kompas.com.

Negara Terkecil Kelima Di Dunia

Negara Terkecil Kelima Di Dunia
San Marino adalah negara terkecil ketiga di eropa setelah Vatican dan Monaco, serta negara terkecil kelima di dunia. Luas wilayah San Marino sekitar 61 kilometer persegi, dan punya penduduk sebanyak 32.000 jiwa. “San Marino itu luasnya kira-kira sekota Banda Aceh, bukan Nangroe Aceh Darussalam,” ujar Putri.

Punya Dua Pemimpin

Punya Dua Pemimpin
Yang nggak kalah unik, negara ini ternyata juga punya dua kepala negara. Nggak hanya itu, durasi masa jabatannya pun juga cukup unik, karena dua kepala negara ini dipilih dua kali dalam setahun!

“Di Indonesia pemimpin negaranya itu Presiden, kalo di San Marino namanya Wali Kapten atau ‘Capitani Reggenti’. Pemilihan kepala negaranya itu setiap enam bulan sekali yaitu di bulan April dan Oktober,” paparnya lagi.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest