Follow Us

Cocok Buat Di Jakarta Nih: Jerman Punya Bus Pariwisata Yang Bisa Jalan di Darat dan Air!

Dimas Yulian - Rabu, 29 Maret 2017 | 03:00
Hafencity Riverbus
Dimas Yulian

Hafencity Riverbus

Konsep kendaraan amfibi yang bisa berjalan di darat dan air mungkin bukan hal yang baru lagi di dunia miliiter. Kondisi medan peperangan yang biasanya terjal, mau nggak mau bikin ilmuwan buat ngembangin kendaraan dengan konsep yang bisa berjalan di darat maupun di air. Tapi ternyata nggak cuma kendaraan militer aja loh yang punya konsep amfibi kayak gini, di Jerman bahkan ada bus pariwisata yang punya konsep sama!

Bus pariwisata yang punya nama Hafencity Riverbus ini adalah bus amfibi pertama yang beroperasi di Jerman. Bus yang mulai beroperasi di distrik Hafencity, Hamburg sejak 2016 lalu ini adalah proyek yang dikembangkan oleh sang pemilik, Fred Franken, seperti dikutip dari Carscooops.

Hafencity Riverbus
Proyek ini sendiri sebenernya udah dikembangin oleh Franken sejak 18 tahun yang lalu, tapi karena peraturan dan izin yang ketat, butuh waktu lama buat bikin proyek ini terlaksana. Apalagi aturan tentang hukum lalu lintas buat kendaraan amfibi juga belom ada ketika itu.

Hafencity Riverbus
Bus ini punya spesifikasi yang cukup mumpuni buat sekelas bus pariwisata. Riverbus pake sasis buatan produsen komersial MAN Truck yang punya dimensi panjang 12,07 meter, lebar 2,54 meter, dan tinggi 3,75 meter. Biaya produksinya sendiri juga cukup tinggi karena bisa sampe Rp 14 Miliar per bus. Nggak salah sih, dengan spesifikasi dan kemampuan yang kayak gini, teknologinya juga harus canggih juga kan?

“Ini merupakan sesuatu dengan tingkat pengetahuan teknis sangat tinggi,” kata Mike Vannauer, Regional Sales Manager MAN Truck & Bus Deutschland.

Nah, bisa jadi inspirasi nih. Bus kayak gini nih yang kayaknya cocok buat dipake di Jakarta. Selain bisa dipake pas banjir, bus ini juga bisa jadi kendaraan alternatif yang bisa dipake lewat sungai, atau nerobos banjir. Eh, tapi kalo sungai-sungainya udah bersih dan bebas sampah loh ya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular