Follow Us

Awas, Jangan Nge-cover Lagu Ed Sheeran di Facebook Kalo Nggak Mau Diblokir! Kok Bisa Sih?

Dimas Yulian - Rabu, 22 Maret 2017 | 08:00
Jumpers for Goalposts film konser Ed Sheeran
Dimas Yulian

Jumpers for Goalposts film konser Ed Sheeran

Kamu suka nge-cover lagu favorit terus di-upload ke media sosial? Kalo upload YouTube sih mungkin nggak masalah, tapi kalo di Facebook sebaiknya jangan nge-cover lagu dari penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran. Bisa-bisa akun kamu yang justru diblokir! Kok bisa sih?

Mungkin kamu bisa belajar dari kejadian yang dialami oleh musisi jalanan asal London, Charlotte Campbell. Baru-baru ini Charlotte baru aja nge-post ceritanya ke YouTube soal kejadian di mana akun Facebooknya diblokir setelah nge-cover lagu Ed Sheeran. Di videonya, Charlotte cerita kalo akun Facebook miliknya dapet peringatan dari Facebook dan akhirnya harus diblokir selama tiga hari.

Mungkin hal ini terdengar aneh, tapi kebijakan di YouTube dan Facebook ternyata berbeda terkait video unggahan cover seseorang. Kalo di YouTube kamu bisa bebas nge-cover lagu, di Facebook justru sebaliknya.

Hal ini salah satunya disebabkan karena media sosial milik Mark Zuckerberg ini nggak punya lisensi dengan perusahaan musik. Jadinya, mereka terpaksa ngeblokir sementara atau bahkan menutup akun pengguna yang nge-cover lagu, seperti dikutip dari USAToday.

Cerita yang diposting oleh Charlotte di YouTube ini ternyata juga dapet respon dari Ed Sheeran. Tau tentang hal ini, dia langsung menuliskan permintaan maafnya di media sosial dan bilang kalo pelarangan ini nggak ada hubungannya dengan dirinya. Dalam tulisan tersebut, Ed Sheeran bahkan ngerasa seneng ada orang yang nge-cover lagunya.

Permintaan maaf Ed Sheeran di Facebook
Charlotte pun mengetahui permintaan maaf Ed Sheraan juga terkejut dan kemudian nge-upload videonya di YouTube.

Sedangkan Facebook saat ini sedang ngobrol dengan pelaku di industri musik buat nyari solusi terkait dengan situasi ini. “Kami juga sedang bekerjasama dengan industri musik buat mencari kemungkinan mendapatkan solusi tanpa harus menghapus konten yang ada” tulis Facebook dalam pernyataannya.

Tuh, sembari nunggu kebijakan yang baru, lebih baik hati-hati ya kalo mau nge-cover lagu di Facebook!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest