Follow Us

Bukan Cuma Kurang Minum, Ini 6 Penyebab Mulut Kering yang Perlu Diwaspadai

- Selasa, 21 Maret 2017 | 02:30
Dehidrasi parah pertanda diabetes
Hai Online

Dehidrasi parah pertanda diabetes

Mulut yang kering sering bikin kita nggak nyaman dalam melakukan hal-hal sederhana seperti bernapas, bicara, mengunyah, bahkan tidur. Penyebab mulut kering dan bagaimana mengatasinya memang simpel banget: pasti kurang minu!. Tapi kurangnya air liur pada saat mulut kering, merupakan tanda dari masalah kesehatan yang cukup serius dan perlu diatasi segera lho.

“Jika Anda mengalami mulut kering dan udah meminum banyak air putih, tetapi mulut tetap kering, bisa jadi karena ada masalah medis dibaliknya,” ujar dokter di One Medical, Arizona, Natasha Bhuyan, M.D.

Yang jelas sih, untuk bisa menangani masalah mulut kering ini secara cepat, kita harus mengetahui apa aja penyebab selain sekedar kurang minum. Berikut enam penyebabnya:

1. Ada penyakit autoimun

Menurut The National Institute of Health, kondisi medis yang paling mungkin adalah adanya sindrom Sjorgen, yaitu penyakit autoimun yang membuat tubuh menyerang kelenjar-kelenjar yang memproduksi air mata dan air liur. Dua gejala yang umum terjadi adalah dari kondisi ini mata dan mulut menjadi kering.

Menurut Bhuyan, dokter mungkin menyarankan untuk mengunyah permen karet bebas gue, menghisap lozenges, atau ia mungkin juga akan menuliskan resep obat yang bisa meningkatkan produksi air liur.

2. Ngorok atau Mendengkur

Ngorok sepanjang malam akan menyebabkan mulut kita jadi kering, loh. “Jika kamu selalu mengalami mulut kering saat bangun pagi, maka ada indikasi klinis sleep apnea. Jadi, sangat layak agar kondisi ini dievaluasi oleh seorang dokter spesialisasi tidur, sehingga dengkuran bisa terkontrol,” ujar dokter Bhuyan.

3. Merokok

Merokok nggak cuma berbahaya bagi paru-paru, merokok juga bisa mengurangi produksi air liru hingga mulut kering.

4. Dehidrasi

Ini adalah penyebab paling umum yang menyebabkan mulut menjadi kering. Dokter Bhuyan pun menambahkan, yang harus kita lakukan ialah meminum air putih yang lebih banyak, maka nantinya kita pun akan merasa jauh lebih baik.

Halaman Selanjutnya

5. Sinusitis
1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest