Follow Us

Ini Alasan Kenapa Pemilik Golongan Darah AB Sangat Jarang, Cuma 3,4 Persen Dari Populasi!

Dimas Yulian - Minggu, 19 Maret 2017 | 10:00
Golongan darah AB
Dimas Yulian

Golongan darah AB

Udah tau belom golongan darah lo apa? Kalo ternyata AB, berarti lo termasuk unik karena golongan darah ini ternyata sangat jarang loh! Kok bisa ya? Berdasarkan penelitian yang dilakuian oleh Standford School of Medicine, proporsi golongan darah dalam masyarakat masing-masing adalah:

Golongan O positif (37,4 persen) – O negatif (6,6 persen)

Golongan A positif (37,7 persen) – A negatif (6,3 persen)

Golongan B positif (8,5 persen) – B negatif (3,4 persen)

Golongan AB positif (3,4 persen) – AB negatif (0,6 persen)

Presentase ini emang bakalan beda-beda tergantung pada wilayah negaranya. Seperti golongan darah B yang lebih banyak ditemukan di Asia daripada orang Eropa. Atau golongan darah O yang banyak dimiliki oleh orang Amerika Latin.

Tapi secara garis besar, pemilik golongan darah AB emang sangat jarang. Walau pun kita mewarisi satu gen buat tipe darah dari masing-masing orangtua, tetapi tetap masih sulit ngehasilin tipe AB. Padahal golongan darah yang lain bisa loh.

Golongan darah O
Misalnya, orang yang punya golongan darah A biasanya ngewarisin golongan darahnya ini dari salah satu orangtuanya yang juga punya golongan darah A dan golongan O. Nggak hanya golongan darah A, golongan darah B juga gitu. Sementara orang dengan golongan darah O mewarisi dua gen O dari orangtuanya.

Nah sedangkan orang dengan golongan darah AB biasanya mewarisi gen A dari satu pihak orangtua dan gen B dari pihak lainnya. Masalahnya, orang yang bergolongan darah A dan B termasuk kecil. Maka kemungkinannya juga rendah kombinasi ini bisa terjadi.

Akan tetapi, meskipun sangat jarang, punya golongan darah yang langka ternyata juga ada keuntungannya. Orang bergolongan darah AB positif bisa nerima semua tipe darah, sehingga disebut juga dengan penerima universal. Tuhan emang adil kok!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest