Follow Us

Sering Terngiang-ngiang Lagu Yang Nggak Kamu Suka? Ini Dia Penyebabnya!

Dimas Yulian - Selasa, 07 Maret 2017 | 12:00
Ilustrasi dengerin musik lewat headset
Dimas Yulian

Ilustrasi dengerin musik lewat headset

Pasti kamu pernah ngalamin dengerin sebuah lagu yang kemudian jadi kayak nempel dan terngiang-ngiang terus di kepala. Kalo lagunya kamu suka dan keren sih nggak masalah. Tapi kalo sering terngiang-ngiang sebuah lagu yang nggak kamu suka? Bisa jadi bakalan terganggu dan justru bikin badmood. Jadi, kira-kira apa ya sebabnya?

Ternyata ada istilah khusus buat lagu-lagu dengan nada dan irama yang mudah diinget dan kayak nempel terus di kepala. Lagu-lagu kayak gini biasa disebut dengan earworm. Berdasarkan beberapa studi, secara garis besar semua lagu dengan tipe earworm punya beberapa kesamaan. Salah satunya karena lagu-lagu yang ganggu itu sadar atau nggak sadar emang sering kita dengerin.

Jadi, kalo kita sering dengerin radio misalnya, maka lagu-lagu earworm sering berasal dari tangga lagu yang sedang populer saat itu. Karena biasanya lagu yang berada dalam Top Chart atau tangga lagu populer punya nada yang repetitif serta irama yang khas.

“Kesimpulannya adalah, lagunya harus cukup sederhana buat bisa diinget secara spontan. Tapi juga harus punya sesuatu yang unik sehingga bisa bikin otak mau mengulangnya terus-menerus”, kata Kelly Jakubowski, peneliti Pasca-Doktoral Departemen Musik di Durham University, Inggris, seperti dikutip dari Livescience.

Itu juga jadi penyebab para musisi atau orang yang peka dengan musik akan lebih mudah buat ngalamin earworm. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Music pada tahun 2012 lalu, bahwa orang yang punya kecenderungan perilaku obsesif kompulsif, lebih sering ngalamin earworm dibandingkan mereka yang nggak.

Ngilangin earworm

Mohon bersabar, ini ujian.
Terus kalo misalnya yang terngiang-ngiang dan lengket di kepala adalah lagu yang nggak disukai gimana dong? Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh British Journal of Psychology, pada tahun 2010 lalu pernah meneliti tentang hal ini.

Ketika itu para peneliti meminta orang-orang buat nyatet lagu earworm apa aja yang mereka alami. Hasilnya, semakin mereka nyoba secara sengaja buat nyingkirin earworm dari kepala mereka, semakin lama pula lagu-lagu ini terperangkap di kepala kamu. Waduh!

Menurut studi tersebut, ketika kita berpikr buat nyoba ngialngin lagu-lagu earworm, maka sama aja dengan tetap membuatnya ada di kepala kita. Karena pada dasarnya kita udah mikirin lagu-lagu earworm ini. Hal ini lah yang bikin kita akan lebih sulit buat ngebuang lagu-lagu earwormyang nggak kita sukai, dibandingkan lagu-lagu earworm yang kita sukai. Jadi, kalo kamu sering terngiang-ngiang sebuah lagu yang nggak kamu suka, mohon bersabar, ini ujian. Memang berat! Hehehe.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest