Follow Us

Sambut Hari Perempuan Internasional, Ini 4 Penemuan Penting Dalam Sejarah Yang Ditemukan Oleh Cewek

Dimas Yulian - Senin, 06 Maret 2017 | 07:30
Hedy Lamar
Dimas Yulian

Hedy Lamar

Hayo kamu tau nggak kalo bulan Maret ini adalah bulan yang cukup spesial buat para cewek? Nggak sekedar pas momen Valentine aja yang bisa kamu rayain berdua sama gebetan, bulan ini kamu juga bisa. Maret adalah bulan yang tercatat sebagai Bulan Sejarah Wanita. Malah, 8 Maret nanti adalah Hari Perempuan Internasional. Buat nyambut Hari Perempuan Internasional, nggak ada salahnya kalo kita inget-inget lagi berbagai penemuan penting para ilmuwan cewek di bidang sains yang ikut berkontribusi buat kemajuan zaman dan teknologi hingga saat ini. Dari sekian banyak jasa yang telah diberikan kaum perempuan buat dunia, seperti dikutip dari Kompas.com, ini dia 4 di antaranya.

Ada Lovelace - Programmer Komputer Pertama Dunia

Ada Lovelace
Pasti banyak diantara kamu yang masih asing dengan nama cewek hebat di atas. Ada Lovelace adalah cewek yang seringkali dideskripsikan sebagai programer komputer pertama di dunia! Putri dari penyair ternama Lord Byron ini pertama kali belajar matematika karena permintaan ibunya pada tahun 1843.

Lovelace kemudian ngerilis sebuah publikasi terjemahan dari artikel Analytical Engine. Yang jadi menarik, dalam terjemahan ini Lovelace nambahin sendiri catatan tentang cara barui buat nyelesein berbagai permasalahan matematika dan kemungkinan buat bikin komputer di masa depan.

Caroline Herschel - Pakar Astronomi

Caroline Herschel
Cewek pakar astronomi yang andal ini, awalnya adalah seorang musisi. Herschel kemudian belajar buat bikin teleskop dan jadi murid astronomi bersama dengan sang kakak. Di akhir abad ke-18, Heschel dan kakaknya kemudian bikin catalog tentang berbagai nebula dan komet yang sampe kini masih digunakan oleh NASA. Keren!

Hedy Lamar - Menemukan Pengirim Sinyal Radio

Hedy Lamar
Hedy Lamar adalah seorang aktris Hollywood asal Austria, yang nggak hanya pinter tapi juga cantik. Buktinya, pada tahun 1941 Lamar pernah menerima paten buat sebuah alat yang bisa ngirim dan nerima sinyal radio! Penemuan ini sebenernya diciptain sebagai alat komunikasi rahasia militer. Tapi, seiring berjalannya waktu ternyata penemuan Lamar digunakan sebagai dasar penemuan hape, mesin fax, dan berbagai teknologi tanpa kabel lainnya. Super Keren!

Inge Lehman - Pakar Seismolog

Inge Lehman
Di abad ke-20, Lehman yang merupakan pakar seismologi ini, sedang melajarin data-data gempa bumi di seluruh dunia ketika ia nemuin sesuatu yang menarik. Ketika itu ia nemunin fakta kalo gempa bumi di New Zealan yang terjadi pada tahun 1929 punya pola gelombang yang aneh. Gelombang yang terjadi pada gempa tersebut memantul ke dalam inti Bumi.

Karena studinya ini, pada tahun 1936 Lehman pun ngerilis publikasi teorinya yang isinya ngejelsain kalo bumi punya lapisan inti bagian dalam yang padat. Teori ini nggantiin teori yang ada sebelumnya yang bilang kalo Bumi cuma punya satu lapisan inti yang cair.

Well, selain empat cewek keren ini, tentunya masih ada sangat banyak cewek-cewek hebat lainnya yang nggak mungkin cukup kalo ditulisin satu per satu, termasuk ibu kamu. Jadiin momen Hari Perempuan Internasional ini buat ngenang semua jasa perempuan-perempuan hebat di sekitar kamu. Setuju?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest