Follow Us

Ditinggal Luis Enrique, Ini 5 Kandidat Pelatih Barcelona Musim Depan

Dimas Yulian - Kamis, 02 Maret 2017 | 08:00
Luis Enrique
Dimas Yulian

Luis Enrique

Buat fans Barcelona, ada kabar sedih nih. Pelatih Barcelona, Luis Enrique memastikan akan mundur dari jabatannya pada akhir musim La Liga 2016-2017. Enrique mengumumkan hal ini pada konferensi pers setelah laga Barcelona lawan Sporing Gijon di Stadion Camp Nou, Rabu (1/3) lalu. Terus, siapa ya kandidat pelatih Barcelona musim depan?

“Saya takkan lagi di Barcelona pada musim depan. Ini keputusan yang berat sehingga saya perlu waktu lama ketika memikirkannya,” kata Enrique.

Kolumnis La Liga dari Sky Sports, Guillem Balague, bilang kalo Enrique memutuskan buat nggak melanjutkan pekerjaannya karena kelelahan. “Luis Enrique mengaku lelah. Sekarang waktunya Barcelona dilatih orang lain. Dia sudah membertahu para pemain sebelum mengumumkannya saat konferensi pers,” tulis Balague di akun Twitter-nya.

Spekulasi pun banya dihembuskan terkait siapa yang akan jadi pelatih Barcelona musim depan. Seperti dikutip dari Juara.net, ini dia lima kandidatnya.

Jorge Sampaoli

Jorge Sampaoli
Pelatih berusia 56 tahun ini, sekarang menjabat sebagai pelatih klub sesama peserta La Liga, Sevilla. Sebelum melatih di Spanyol, Sampaoli udah mengukirkan sejumlah prestasi cemerlang bersama Timnas Cili. Sampaoli berhasil ngebawa Cili jadi juara Copa America 2015!

Pencapaian ini ngebawa Sampaoli dinobatkan jadi pelatih terbaik di Copa America dan gelar pelatih terbaik di Amerika Selatan pada tahun yang sama. Namanya bahkan masuk nominasi pelatih terbaik FIFA bersama dengan Pep Guardiola dan Luis Enrique. Meskipun masih terikat kontrak hingga 2018, doi paling sering diisukan sebagai pengganti Luis Enrique. Cocok nggak?

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde
Sama seperti Sampaoli, Valverde saat ini juga sedang menangani klub La Liga lain, Athletic Bilbao. Pelatih berumur 53 tahun ini, juga telah kenyang dengan pengalaman melatih di beberapa klub seperti Espanyol, Villareal, Olympiacos, hingga Valencia. Saat ini, Valverde berhasil membawa Athletic Bilbao bertengger di peringkat delapan klasemen La Liga. Pada tahun 2015 lalu, Valverde bahkan pernah membawa Bilbao mengalahkan Barcelona dengan agregat 5-1 pada perebutan gelar Piala Super Spanyol.

Juan Carlos Unzue

Juan Carlos Unzue (kiri) ketika menjadi asisten Luis Enrique
Meskipun bukan seorang pelatih kepala, Unzue udah jadi asisten pelatih Luis Enrique selama tiga musim terakhir di Barcelona. Sebelumnya, Unzue yang kini berusia 49 tahun juga pernah bermain buat Barcelona di masa mudanya. Kedekatannya dengan klub nggak hanya sebatas itu, Unzue juga pernah jadi pelatih kiper Barcelona di era Frank Rijkaard dan Pep Guardiola. Sosoknya yang udah familiar dengan Barcelona dan para pemain bisa jadi salah satu keuntungan nih.

Juergen Klopp

Editor : Alvin Bahar

Latest