Follow Us

Serem! Ini Dia 5 Misteri Laut Yang Belum Terpecahkan Hingga Saat Ini

Dimas Yulian - Minggu, 03 Desember 2017 | 04:45
Ilustrasi Kapal Selam
Dimas Yulian

Ilustrasi Kapal Selam

Sebagai negara maritim, wilayah Indonesia mayoritas dikelilingi oleh laut yang terhampar luas di beberapa wilayah. Di Indonesia sendiri, cerita tentang misteri yang ada di laut memiliki keragaman yang berbeda-beda di setiap daerah. Mulai dari yang berbau mistis hingga peristiwa mitolois dan bersejarah.

Nggak hanya di Indonesia, di berbagai penjuru dunia selalu ada cerita yang menarik seputar laut. Wajar aja sih kalo laut penuh misteri. Dengan kedalaman rata-rata mencapai 14.000 meter, laut banyak meninggalkan ruang bagi misteri, mitos, dan segala sesuatu di antaranya.

“95 persen laut belom terjamah oleh manusia,” kata Fredd Gorell, Kepala Humas Ocean Exploration and Research, sebuah divisi dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). “Setiap kali kami melakukan eksplorasi bawah laut, kami selalu melihat sesuatu yang baru. Atau sesuatu yang diyakini baru,” kata Gorell seperti dikutip dari Mashable.

Berdasarkan hal tersebut, situs Mashable mengumpulkan lima kasus misteri di laut yang belom terpecahkan hingga saat ini. Mulai dari hilangnya empat kapal selam pada tahun 1968, Hiu Kanibal, hingga fenomena terkenal Segitiga Bermuda. Seperti dikutip dari Mashable, ini dia 5 misteri laut yang belom terpecahkan hingga saat ini.

Empat Kapal Selam Yang Hilang Pada Tahun 1968

Misteri pertama terjadi pada tahun 1968, di mana ada empat kapal selam dari berbagai negara yang hilang di lautan. Keempat kapal selam ini adalah USS Scorpion (Amerika Serikat), INS Darak (Israel), Minerve (Perancis), dan K-129 (Uni Soviet). Berbagai teori pernah diungkapkan tentang misteri laut ini, akan tetapi nggak satu pun yang bisa memberikan jawaban yang jelas dan logis.

Hiu Kanibal di Australia

Apa yang lebih menakutkan dari seekor hiu? Seekor hiu kanibal! Nggak bercanda, kemungkinan adanya seekor hiu kanibal emang ada. Para ilmuwan di Australia pernah memasang sebuah penanda buat melacak seekor hiu putih sepanjang sembilan kaki. Akan teteapi kejadian berikutnya, bikin semua ilmuwan terkejut.

Hiu putih yang sedan dilacak tersebut tiba-tiba menyelam di kedalaman 1,903 kaki, dan tiba-tiba mengalami kenaikan suhu yang drastis. Dari sebelumnya 46 derajat Fahrenheit menjadi 78 derajat Fahrenheit. Satu-satunya penjelasan gimana suhu bisa berubah sedrastis itu adalah bahwa hiu tersebut telah dimakan sesuatu yang lebih besar.

Meskipun bukan kebiasaan hiu buat memangsa hiu lainnya, beberapa kemungkinan yang terjadi adalah adanya seekor hiu putih kolosal yang diperkirakan memiliki berat hingga dua ton!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest