Follow Us

Kata Mereka Yang Akan Pilih Kuliah Jurusan Antimainstream. Filsafat atau Tata Rias, Kenapa Nggak?!

Rizki Ramadan - Senin, 20 Februari 2017 | 03:30
students talk - kuliah antimainstream
Rizki Ramadan

students talk - kuliah antimainstream

Kalau lagi mau ngomongin jurusan yang bakal di kejar untuk kuliah, kebanyakan anak kelas XII pasti ngomonginnya jurusan yang itu-itu melulu. Anak IPS, pasti nggak jauh-jauh dari Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Sastra Inggris, atau Ekonomi. Di kalangan anak IPA, jurusan yang popular ya kalau nggak Kedokteran, Teknik Sipil, ya Arsitektur.

Nggak ada salahnya sih bercita-cita masuk ke jurusan yang popular. Yang salah adalah kalau kamu milih jurusan itu cuma karena kebawa arus. Sebenernya minat kamu tuh nggak di situ.

Terus, kalau ngeliat lebih jauh lagi, kalau banyak orang milih jurusan yang itu-itu melulu bisa berdampak negatif untuk negara. Indonesia kan nggak cuma butuh ahli komunikasi, atau dokter. Tapi butuh juga ahli pertanian, para pemecah masalah yang jago filsafat, dll. Celakanya, jurusan-jurusan potensial ini malah sering dipandang sebelah mata.

Nah, kalau ngeliat dampak jangka pendeknya, milih jurusan yang popular bikin kita harus bersaing dengan banyak orang juga di SBMPTN. Peluang kita jadi makin kecil.

Karena itu, HAI mau ngajak temen-temen yang mantep banget bakal milih jurusan yang nggak mainstream saat kuliah nanti. Baca nih, siapa tahu kamu jadi terinspirasi juga.

Salsabila Fatwa, SMAN 100 Jakarta

Pilihan jurusan: Tata Rias

Gue milih jurusan Tata Rias karena emang gue suka dandan gitu, terus juga emang style gue nyambungnya di Tata Rias gitu biar bisa dandanin orang juga.Gue udah yakin banget sama pilihan gue ini karena, kan, kalau kita milih jurusan yang kita sukain dibidangnya, pasti ngejalaninnya seneng.

Untungnya, ortu dukung banget, bahkan ortu yang nyaranin masuk Tata Rias karena ortu juga tau gue suka banget dandan gitu, jadinya diizinin banget lah.

Lulus dari Tata Rias mah mau kerja lah dandanin orang. Gue tertarik aja karena kerjanya gampang tuh dandanin orang terus apalagi kalau ada acara nikahan gitu, kali aja ada yang manggil gue buat make up-in dia, haha. Nah, pas gue tau ada kuliahnya, gue mau coba masuk UNJ deh.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest