Follow Us

Ini Dia 3 Perbedaan Gaya Pacaran Jadul dan Zaman Smartphone!

Alvin Bahar - Kamis, 16 Februari 2017 | 06:00
Telepon umum yang ditelan zaman
Alvin Bahar

Telepon umum yang ditelan zaman

Kemajuan teknologi digital dan komunikasi bikin semuanya jadi mudah, termasuk dalam hal pacaran. Makanya, gaya pacaran jadul dan zaman smartphone itu beda banget.

Iyalah. Zaman sekarang, kangen dikit tinggal telepon aja. Nggak ada pulsa? Tinggal cari wi-fi, terus gunain fasilitas internet call, atau chat aja biar murah. Hehehe.

Komunikasi gaya kita itu beda banget lho dibanding generasi kakak-kakak kita yang terpisah jarak waktu dan teknologi. Beberapa pengalaman pacaran di era pra-smartphone dan medsos sudah sangat jarang ditemui. Mau tau apa aja?

1. Menelepon di telepon umum

Dulu, nelepon nggak semudah sekarang. Belum ada tuh yang bawa handphone ke mana-mana. Solusi paling gampang, ya pake telepon umum. Iwan, seorang ayah dua anak yang mulai pacaran di era 90-an, mengaku sering memanfaatkan fasilitas ini untuk berkomunikasi dengan pujaan hati.

“Beberapa telepon umum itu bisa ditelepon juga. Jadi kadang kita nunggu sambil berdiri di dekat telepon umum itu. Kalau lagi sial, telepon umumnya sedang dipakai orang saat pacar mau menelepon,” tutur Iwan kepada Kompas.com.

2. Pesan mesra lewat pager

Pada zaman dulu belum ada LINE. Yang pake SMS aja juga pasti sedikit banget. Namun, pager jadi primadona. Sempat populer di era 90-an, gadget mobile berupa radio panggil ini dimanfaatkan sebagai sarana pacaran di masa tersebut.

Fungsi pager seperti penerima pesan pendek satu arah. Pengirim pesan terlebih dahulu menelepon operator untuk menyampaikan pesan yang hendak dikirim. Barulah kemudian operator mengirim pesan tersebut dalam bentuk teks singkat ke pager penerima.

Karena hanya berfungsi satu arah, si penerima pun harus menelepon operator kalau ingin membalas pesan. Nggak bisa langsung melakukan reply ke perangkat pengirim. Kendati cara kerjanya relatif sederhana dan terbatas, pager tetap memberikan kemajuan dalam dunia komunikasi.

Halaman Selanjutnya

3. Foto pake kamera analog
1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest