Follow Us

Stop! 4 Hal Ini Dilarang Dilakukan Saat Rambut Berketombe

- Selasa, 14 Februari 2017 | 05:30
Basahi rambut dulu
Hai Online

Basahi rambut dulu

Saat rambut terus-terusan berketombe, kita nggak bisa menyalahkan faktor genetika. Sebab ketombe sama sekali nggak ada hubungannya dengan itu. Jadi apa dong yang bikin kepala berketombe terus-terusan? Jawabannya adalah kebiasaan yang kita lakukan. Ada beberapa hal yang dilarang dilakukan saat rambut berketombe lho.

Ketombe bisa muncul akibat kebiasaan dari perawatan rambut sehari-hari. Kabar baiknya, ketombe bisa dicegah dan diobati. Asalkan kita nggak melakukan kebiasaan yang menyebabkan ketombe itu muncul. Ini nih beberapa kebiasaan yang sebaiknya tidak kita lakukan untuk menjaga kulit kepala nggak berketombe:

Keramas Terlalu Sering

Shampoo sebaiknya nggak digunakan setiap hari. Seringnya menggunakan shampoo atau keramas justru akan menimbulkan masalah pada kulit kepala dan rambut. Fungsi shampoo adalah untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan penumpukan produk hairstyle di kepala. Jika kita terlalu sering keramas maka sebum (minyak pada rambut) di kepala akan terkikis. Alhasil, kulit kepala jadi kering karena kekurangan gizi dari sebum, rambut pun jadi gampang rontok. Yang perlu kita lakukan hanyalah keramas secukupnya, setidaknya sekali dalam dua hari.

Tidak Menggunakan Kondisioner

Salah satu solusi lainnya supaya rambut nggak gampang ketombean yaitu dengan mengaplikasikan kondisioner, terlepas dari seberapa sering kita keramas. Kondisioner berfungsi untuk menambahkan vitamin dan nutrisi pada rambut dan kulit kepala. Selain itu kondisioner mampu mengondisikan supaya kulit kepala tidak terlalu kering.

Mengabaikan Penggunaan SPF

Banyak orang yang lupa bahwa kulit kepala harus diperlakukan persis seperti kulit lainnya di seluruh tubuh. Tentu kulit kepala juga bisa terbakar sinar matahari, ini justru memperparah kondisi ketombe yang udah ada sebelumnya. Kalau rambut kamu pendek, maka ada baiknya mengaplikasikan sunblock (SPF) langsung pada kulit kepala. Tenang aja, pengaplikasikan SPF nggak akan mengubah kilaunya rambut kamu. Sebaliknya, kulit kepala akan terlindung dari kerusakan UV . So, jangan lupa aplikasikan SPF setelah mandi.

Mengabaikan Gejala Munculnya Jamur

Kalau ketombe di kepala terus-terusan muncul, mungkin ini tanda adanya masalah di kulit kepala. Seperti infeksi jamur atau dermatitis seboroik (bersisik, kondisi kulit gatal). Jangan biarkan ini bertahan lama. Jika perawatan dengan shampoo nggak bisa memecahkan masalah ,maka segeralah ke dokter kulit untuk mendapatkan resep obat yang terbaik.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest