Follow Us

Hayo, Ada yang Tahu Kapan Grammy Pertama Kali Diadakan? Ini Dia 7 Fakta Grammy!

Fadli Adzani - Senin, 13 Februari 2017 | 08:00
Kevin Winter, Getty Images
Fadli Adzani

Kevin Winter, Getty Images

Grammy Awards yang ke-59 baru saja dihelat pada 12 Februari 2017 di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat. Banyak aksi menarik di acara itu. Mulai dari penampil-penampil yang melakukan aksi panggung memukau, musisi yang tampil kocak ketika menerima piala penghargaan di atas panggung hingga ada yang tampil layaknya Joker di karpet merah.

Namun, kalau kita tarik lagi ke tahun 1959, dimana Grammy Awards baru pertama kali diadakan, semuanya terlihat normal-normal saja, walau ada beberapa hal yang membedakan dengan ajang Grammy sekarang.

Namun, seiring berjalannya waktu, ajang penghargaan Grammy Awards selalu memberikan gimmick yang membuat acara itu banyak ditonton dan laku menjadi suguhan menarik bagi puluhan juta orang di dunia.

Apalagi, ditambah kejadian-kejadian menarik yang selalu ditampilkan di atas panggung Grammy. Pasalnya, nggak cuma sesi penyerahan piala aja yang menarik, namun ada penampilan-penampilan keren dari para musisinya.

Nah, sambil nonton ulangan Grammy Awards 2017, silahkan liat-liat informasi menarik dan fakta mengecangangkan tentang Grammy Awards di bawah ini!

1. Sebelum dinamai Grammy Awards, ajang penghargaan ini memiliki nama The Gramophone Awards, mengacu pada piala berbentuk pemutar piringan hitam gramofon.

Kevin Winter, Getty Images
2. Grammy Awards pertama kali dihelat pada 4 Mei 1959. Album Terbaik saat itu jatuh di tangan Domenico Modugno, melalui karyanya yang berjudul Volare.

Mr. Volare!
3. Grammy Awards merupakan ajang penghargaan yang paling banyak ditonton kedua setelah ajang penghargaan film Oscar.

Grammy's Crowd
4. Sinead O’Connor merupakan satu-satunya musisi yang menolak penghargaan piala Grammy Awards. Pada 1990, albumnya yang bertajuk I Do Not Want What I Haven’t Got memenangkan piala Grammy dalam kategori Best Alternative Performance. Namun, Sinead menolaknya.

Sinnead O'Connor
5. Kanye West telah memenangkan sekitar 21 piala Grammy. Kalau dihitung-hitung, jumlah itu berhasil mengalahkan piala Grammy yang didapatkan oleh The Beatles, Barbra Streisand dan James Taylor sekaligus.

Kanye West itu Fans Berat Justin Bieber Lho, What Do You Mean?
6. Pemenang Grammy termuda di dunia adalah LeAnn Rimes di umurnya yang ke-14 tahun, dan yang tertua adalah George Burns, di usia 94 tahun.

LeAnn Rimes
7. Pada tahun 1989, The Fresh Prince alias Will Smith dan DJ Jazzy Jeff menjadi musisi pertama yang memenangkan piala penghargaan Grammy untuk kategori penyanyi rap terbaik.

Will Smith dan DJ Jazzy Jeff

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest