Follow Us

Lebih Dari 100 Tahun Lalu, Ini Dia Penampakan Perpustakaan Keliling Jadul Dari Berbagai Negara

Dimas Yulian - Selasa, 07 Februari 2017 | 07:00
A Bookmobile in Indonesia – (Early 20th Century)
Dimas Yulian

A Bookmobile in Indonesia – (Early 20th Century)

Buat kamu yang suka dan berminat di dunia baca atau literasi, pasti udah nggak asing dengan yang namanya perpustakaan. Tempat yang menyediakan kemewahan buat para penggila buku ini sering dijadikan tempat tujuan buat menghabiskan waktu dengan membaca, diksusi, maupun sekedar melepaskan penat.

Mungkin ada diantara kamu yang belom menemukan dimana asyiknya mengunjungi perpustakaan. Masih banyak yang beranggapan perpustakaan adalah tempat yang formal dan jauh dari kata menyenangkan.

Faktanya banyak keunggulan yang ditawarkan perpustakaan dibandingkan tempat biasa kamu menghabiskan waktu, seperti café atau mall. Banyak kenyamanan dan fasilitas yang akan kamu dapatkan kalo kamu nongkrong di perpustakaan. Simpan dulu anggapan yang mengatakan perputakaan adalah tempat yang membosankan.

Di beberapa kota misalnya, fasilitas perpustakaan yang disediakan bahkan jauh lebih menarik daripada tempat-tempat seperti café dan mall. Selain itu kamu juga dapat mengakses buku dan bahan bacaan yang disediakan di perpustakaan.

Tapi, perpustakaan bukan hanya ada dalam sebuah bangunan loh. Ternyata sejak zaman dulu ada perpustakaan di berbagai negara yang memiliki konsep yang unik dan sedikit nggak lazim. Salah satunya adalah perpustakaan dengan menggunakan konsep berjalan ayau perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling pertama diprediksikan udah ada sejak tahun 1850an lalu di Warrington, Inggris.

Nggak hanya di Inggris aja, perpustakaan keliling ini juga ada di berabagi negara di dunia. Meskipun konsepnya sedikit berbeda dengan perpustakaan pada umumnya, perpustakaan ini tetap menawarkan oase bagi para penikmat buku dan bahan bacaan. Seperti dikutip dari Boredpanda, begini penampakan perpustakaan keliling jadul adri berbagai negara di dunia.

The First Bookmobile of The Public Libarary of Cincinnati – (1927)

A Mobile Library in Kurdistan, Iran – (1970)

The Bookmobile in Columbia Park – (1940)

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest