Follow Us

Luar Biasa, Angka Pemilih Muda di Pilkada DKI Jakarta ”Banyak”

- Senin, 06 Februari 2017 | 12:30
pemilih mudanya imut bangetttt
Hai Online

pemilih mudanya imut bangetttt

Pemilih pemula, yaitu kita anak muda, menurut catatan KPU DKI Jakarta Bidang Sosialisasi, pada Pilkada DKI Jakarta yang bakal serentak digelar pada 15 Februari mendatang menyebutkan angka 10, 07 persen dari total daftar pemilih sementara (DPS).

“Jumlah pemilih pemula yang kami definisikan 17-21 tahun itu berada pada angka 10,07 persen, sebanyak 718.571 orang,” ujar Betty dalam sebuah diskusi di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, dikutip dari Kompas.com.

Kalo digabung data pemilih pemula dengan pemilih muda, yaitu yang berusia antara 17-30 tahun, totalnya mencapai angka 28,97 persen. Alias banyak juga.

“Hampir 30 persen, ini angkanya luar biasa,” kata Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini di kesempatan yang sama.

2 juta lebih anak muda Jakarta

Kurang lebih, bakal ada 2 juta lebih anak muda yang menjadi penentu masa depan Jakarta lewat suara yang disalurkannya.

Untuk memastikan jumlah itu mendukung hasil Pilakada DKI 2017, pihak KPU melakukan inovasi terutama dalam prozes penghitungan suara.

"KPU DKI semoga nggak kalah saing menggunakan ICT (information and communications technology) dibandingkan para calon. Dan juga merespons dinamisnya penggunaan ICT oleh penduduk DKI Jakarta," ujar Titi lagi.

Untuk itu, sebagai anak muda, kita kudu kompak dan sepakat mau memilih yang mana? Kalo bisa yang dekat sama anak muda juga dong, iya nggak? Dan nggak lupas buat ikut memantau, biar suara anak muda nggak disalah artikan, kamu bisa tuh pas penghitungan suara bikin Live Instagram, jadi temen-temen yang lain tahu deh kalo di daerahmu potensi yang menang pasangan yang mana, iya nggak?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular