Follow Us

3 Kantin Sekolah Unik yang Ada di Indonesia, Kita Bisa Jajan Sambil Belajar Banyak!

Alvin Bahar - Selasa, 18 Oktober 2016 | 08:00
Kantin apung SMPN 26 Surabaya
Alvin Bahar

Kantin apung SMPN 26 Surabaya

Fungsi kantin nggak cuma jadi tempat jajan atau ngobrol-ngobrol aja. Ada juga beberapa kantin sekolah unik, di mana kita bisa belajar banyak! Mungkin bisa diterapin di sekolah kamu juga kan? Cek nih!

Kantin Adik Kakak SMAN 112 Jakarta (Foto: Oomph.co.id)

1 - Kantin Adik Kakak SMAN 112 Jakarta

Bullying memang jadi salah satu hal meresahkan di masa sekolah. SMAN 112 Jakarta Barat pun nggak membantah adanya berbagai perilaku bullying antarsiswa di lingkungan sekolahnya. Namun, hal itu bisa diminimalisasi dengan hadirnya "Kantin Adik Kakak" yang telah dibuka sejak tahun lalu.

"Adanya Kantin Adik Kakak itu sesuai dengan visi kantin SMAN 112 Jakarta. Adik kakak harus akur. Kantin untuk semua siswa," ujar kepala sekolah SMAN 112 Jakarta, Saryono seusai meresmikan Kantin Adik Kakak di SMAN 112 Jakarta Barat.

Saryono mengaku, dulu di sekolah yang ia pimpin perilaku bullying sangat kental. Biasanya, lanjut Saryono, kantin dikuasai dengan siswa yang sudah duduk dikelas 11 dan 12. Sedangkan siswa kelas 10 biasanya akan segan untuk datang ke kantin.

"Itu dulu, tetapi sekarang sudah nggak kayak gitu. Ada indikasi yang kelas 12 lebih eksis," kata Saryono kepada Kompas.com.

Kantin Adik Kakak nggak saja bertujuan untuk mencegah perilaku bullying, tetapi juga untuk melatih kejujuran antarsiswa. "Kantin Adik Kakak kan artinya aksi dukung implementasi kejujuran komunitas antikecurangan, antikorupsi. Siswa harus akur dan berlaku jujur. Jujur, kalau makan tiga ya bayar tiga," ucap Saryono.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular