Follow Us

Siap-siap, Era Kendaraan Listrik Indonesia Sudah Semakin Dekat!

Dimas Yulian - Rabu, 05 Oktober 2016 | 10:00
Ilustrasi Mobil Listrik
Dimas Yulian

Ilustrasi Mobil Listrik

Buat kamu yang peduli lingkungan, siap-siap era kendaraan listrik di Indonesia udah dekat nih! Sebagai anak muda, tentu kita juga harus peduli dong tentang lingkungan.

Sadar kan kalo kendaraan bermotor yang kamu pake saat ini kurang ramah lingkungan? Kendaraan yang ada saat ini merupakan kendaraan yang make bahan bakar fosil yang kurang ramah lingkungan.

Di dunia internasional, isu tentang lingkungan ini udah jadi bahan utama dalam setiap pembahasan teknologi. Kendaraan listrik dan hibrida udah banyak diproduksi oleh produsen-produsen besar otomotif.

Nah di Indonesia sendiri, pemerintah ternyata udah mulai siap-siap buat menyambut era kendaraan listrik lho.

Seperti dilansir dari situs Kompas.com, I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, menjelaskan kalo pemerintah udah menyiapkan beberapa hal sebagai persiapan.

Salah satunya adalah mulai menyusun Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan membentuk Komite Teknis Mobil Listrik. Dengan begitu, nantinya produksi mobil listrik dan hibrida di Indonesia bisa mulai dikerjakan.

Dengan adanya penyusunan SNI, nantinya produsen otomotif juga jadi memiliki standar bagaimana kendaraan listrik yang akan diproduksi.

Beralihnya kendaraan berbahan bakar bensin menjadi kendaraan listrik nantinya juga akan membuat impor BBM untuk kebutuhan nasional kita berkurang.

Gimana tuh, udah ramah lingkungan, hemat buat pengeluaran pribadi, dan menghemat pengeluaran negara lagi. Asyik ga?

Selain itu, syarat utama untuk mengembangkan kendaraan listrik adalah tersedianya fasilitas charging station. Fasilitas ini berfungsi untuk mengisi ulang daya listrik yang dibutuhkan untuk setiap kendaraan listrik.

“Jadi pembangunan stasiun penyedia listrik umum (SPLU) oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan mempercepat pengembangan kendaraan listrik,’ kata Putu seperti dilansir dari KompasOtomotif, Selasa (4/10) lalu.

Gimana udah siap beralih ke era kendaraan listrik?

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest