Follow Us

Bahaya! Ini Alasan Menyimpan Smartphone di Saku Celana Bisa Bikin Masa Depan Kamu Rusak

Alvin Bahar - Rabu, 14 September 2016 | 03:30
Ini Alasan Menyimpan Smartphone di Saku Celana Bisa Bikin Masa Depan Kamu Rusak
Alvin Bahar

Ini Alasan Menyimpan Smartphone di Saku Celana Bisa Bikin Masa Depan Kamu Rusak

Menyimpan smartphone di saku celana emang praktis sih. Namun, buat cowok, disarankan jangan menyimpan smartphone di saku depan celana. Menyimpan smartphone di saku celana bisa bikin masa depan rusak!

Dalam sejumlah studi, paparan radiasi jangka panjang dari smartphone yang diletakkan dekat alat kelamin cowok dapat merusak sperma. Salah satunya adalah menurunkan jumlah sperma. Ini tentu perlu dihindari buat kamu yang masih ingin menjadi ayah.

Dalam penelitian lainnya, bahkan disebut radiasi smartphone bisa merusak DNA sperma. Seenggaknya ada 10 studi yang dikaji dan diteliti 1.492 sampel sperma manusia. Akan tetapi, penelitian itu masih menjadi perdebatan. Sebab, hingga saat ini belum ada yang bisa membuktikan bagaimana paparan radiasi akhirnya dapat merusak kualitas sperma.

Baca Juga: Hasil Penelitian UGM: Radiasi Smartphone Terbukti Berbahaya Buat Sperma

Bahaya radiasi smartphone bagi kesehatan sudah sejak lama menjadi perdebatan para ahli. Ada sejumlah bukti yang menungkap bahayanya, walau risikonya sangat kecil. Dokter Joel Moskowitz, ahli kesehatan masyarakat UC Berkeley, mengatakan, penelitian ini dapat membuka mata dunia mengenai bahaya radiasi smartphone yang saat ini masih terus diteliti.

Pada tahun 2011, radiasi smartphone bahkan masuk daftar yang dicurigai bersifat karsinogen 2B atau dapat menyebabkan kanker oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Meski masih menjadi perdebatan, para ahli menyarankan cowok untuk nggak memelihara kebiasaan menyimpan smartphone di saku celana, apalagi membawanya saat tidur. Lebih baik simpan smartphone di dalam tas saja guys!

source: Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest