Follow Us

Solar Box Cooker SMAN 6 Banjarmasin: Masak Pakai Kompor Matahari

- Rabu, 14 September 2016 | 03:30
Sedang menumpuk koran bekas didasar kardus supaya meredam panas
Hai Online

Sedang menumpuk koran bekas didasar kardus supaya meredam panas

Asti rahmatika dan Endah Norsafitri dari SMAN 6 Banjarmasin dengan judul proyek mereka yaitu “Solar Box Cooker” mempunyai manfaat sebagai energi alternatif untuk kompor.

“Nilai plus dari projek kami adalah sebagai cara untuk menghemat energi dan sebagai pengganti gas alam yang diperlukan untuk memasak apabila sudah tidak ada lagi," ujar Asti.

Proyek ini mampu menarik hati para juri sehingga masuk kedalam 25 besar finalis terbaik, yang akan dibiayakan proses implementasinya. Walaupun mereka mengaku tidak pernah menyangka akan menjadi finalis ada TEY 10 ini, mereka sangat pesimis melihat banyaknya proposal yang masuk hampir ribuan. Tapi mereka yakin dengan proyeknya karena sudah menyiapkan dengan matang. Sampai saa ini step yang dilakukan adalah membuat proyek agar lebih sempurna lagi dan juga latihan presentasi didepan mitra kerja dan masyarakat nantinya.

“Nggak pernah kepikiran sama sekali. Karena dari banyaknya proposal yang dikirim sangat kecil harapan kami menjadi finalis. Kami yakin dengan projek kami, karena kami sudah menyiapkan projek kami dengan matang.” Ujar Asti

Reaksi orang terdekat yang mengetahui mereka masuk menjadi finalis sangat beragam ada yang menangis karena haru bahagia sampai mengekspresikannya dengan teriak kegirangan. Semua orang terdekat mereka pastinya memberi dukungan dan semangat penuh.

“Kami sangat beragam mulai dari yang menangis karena terharu, lompat2 teriak bahagia, memberi ucapan selamat, mengasih motivasi dan memberikan semangat.”

Mengaku bahwa tidak takut dengan pesaingnya karena yakin dan sudah megeluarkan seluruh kemampuannya, walaupun mereka juga mengakui bahwa pesaing mereka di 25 besar ini sangan berkualitas dan kompetitif. Dan harapan mereka dengan masuknya kedalam 25 besar ini agar proyeknya dapat disebarluarkan ke masyarakat dan agar lebih bermanfaat. (Tiwi)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest