Follow Us

Dicari: Energy Warrior dari Sekolah!

Rizki Ramadan - Kamis, 08 September 2016 | 09:45
Anak Muda Harus Bisa Jadi Energy Warrior. Hemat Energi, Siapa Takut?!
Rizki Ramadan

Anak Muda Harus Bisa Jadi Energy Warrior. Hemat Energi, Siapa Takut?!

Untuk mewujudkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang penggunaan daya energi yang baik dan efisien ini, pemerintah membuat program unggulan bagi para pelajar. Tau nggak, sih, kalian sama lomba Hemat Energi yang baru aja launching pada 29 Agustus lalu? Yap, betul sekali, lomba ini merupakan program rutin tahunan yang diadakan oleh Departemen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak tahun 2011 silam. Lomba ini kini telah diikuti oleh 30 sekolah peserta se-Jabodetabek, dengan 20 peserta SMA dan 10 peserta SMP. Penasaran seperti apa sih lomba dari kementrian ESDM ini? Yuk, simak bahasan tentang lomba ini!

Apasih lomba hemat energi itu?

Lomba energi ini adalah lomba yang diadakan oleh kementerian ESDM untuk melombakan upaya penghematan penggunaan daya energi oleh energy warrior atau pahlawan energi, sebutan tim peserta setiap sekolah, yang dinilai dari tingkat persentase penurunan daya energi yang digunakan oleh sekolah selama 3 bulan, dimulai kurang lebih sejak akhir bulan Agustus ini, sekurang-kurangnya sebanyak 10% dari daya yang digunakan biasanya. Seperti penggunaan mesin fotokopi, pendingin ruangan, hingga pemompa air mancur.

Para energy warrior ini akan diberikan badge, lencana identitas, yang berguna untuk menandakan bahwa mereka memiliki otoritas untuk. Seperti SMAN 81 Jakarta misalnya, sebagai peserta lomba ini, mereka punya program-program yang mereka rancang untuk efisiensi daya energi sekolah. Contohnya, tim energy warrior dari SMAN 81 ini membagi shift untuk patroli ke setiap sudut sekolah dan setiap ruangan untuk memeriksa penggunan daya energi setiap harinya. Selain menjadi agen penghematan daya energi, mereka juga mensosialisasikan tentang penggunaan listrik dan air yang baik dan benar.

Misi khusus

Nggak cuma itu, mereka punya misi khusus, lho. Mereka akan diberikan buku panduan dan agenda pahlawan energi yang gunanya untuk mereka isi sebagai laporan observasi dari pengimplementasian upaya penghematan daya energi dan hasil dari program yang mereka laksanakan. Tak hanya itu, mereka juga harus melaporkan penggunaan daya energi di rumah mereka masing-masing. Ditambah lagi, mereka juga meninjau tagihan listrik dan air sekolah dari 12 bulan terakhir untuk mengakumulasi kebutuhan dan grafik pemakaian daya energi di sekolah. Dan yang nggak kalah menarik, setiap bulan sekolah akan ditantang untuk mengikuti tantangan bulanan dari rangkaian lomba dari kementrian ESDM ini. Asyik kan?

Yuk, mari kita mulai untuk menghemat energi untuk kehidupan di hari nanti. Bisa kita contoh, nih temen-temen kita dari SMAN 81 ini. Semoga berhasil menjadi juara dari lomba ini!

oleh:

Alifa Shavira - SMAN 81 Jakarta

sebagai bagian dari 7 Hari Bercerita bersama HAI School Crew, komunitas wartawan SMA majalah HAI

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest