Follow Us

3 Fakta Kolaborasi Saint Loco – Iwa K di single Bebas, DJ Tius reuni lagi!

- Jumat, 09 September 2016 | 08:30
Saint Loco rilis single “Bebas” kolaborasi dengan Iwa K
Hai Online

Saint Loco rilis single “Bebas” kolaborasi dengan Iwa K

Setelah kali pertama dibawakan oleh Iwa K pada tahun 1994 silam, lagu ini seakan menjadi anthemic bagi para penggemar musik hip-hop tanah air. Udah cukup banyak musisi atau band, bahkan penikmat musik biasa seringkali meng-cover lagu ini. Tapi, belum ada yang benar-benar membawakan lagu ini secara legal.

Nah, bisa dibilang, Saint Loco adalah band pertama yang membawakan kembali lagu Bebas dalam versi aransemen baru dengan izin yang legal. Nggak cuma itu, Joe (vokal), Beery (vokal), Iwan (gitar), Gilbert (bas), dan Nyonk (drum) pun membawakan ulang lagu ini bersama sang empunya lagu, Iwa K.

Secara musik, terdapat beberapa perubahan aransemen dari versi aslinya, tapi nggak menghilangkan esensi asli lagu hits dari Iwa K ini. Overall, lagu ini oke banget, deh. Tapi, ada hal yang belum banyak orang ketahui seputar kolaborasi Saint Loco dan Iwa K di lagu Bebas ini.

HAI pun sukses mengorek 3 fakta dibalik kolaborasi Saint Loco dan Iwa K di single ini. Apa aja kira-kira?

1. Proses Penggarapannya Kurang dari Satu Bulan

Nggak butuh waktu lama bagi Beery cs. untuk mengulik dan membawakan ulang lagu andalan Iwa K ini menjadi versi mereka. Total kurang dari satu bulan mereka udah bisa merampungkan single ini.

“Secara lagunya easy listening, jadi nggak begitu repot untuk menggarapnya, dasarnya udah enak, kami cuma sedikit memberi polesan khas Saint Loco aja. Kurang dari sebulan lah ngegarapnya. Yang lamanya bahkan bukan proses workshop-nya, tapi lebih ke perizinan sama pihak label,” beber Beery.

Nggak lama, Gilbert pun menimpal, “dari mas Iwa sendiri udah setuju dan nggak masalah lagunya kami ‘bongkar-bongkar’, makanya cepet sih.”

2. Merinding Satu Studio dengan Iwa K

Meskipun udah bernama cukup besar di pasar musik tanah air, nyatanya mereka tetap ada rasa segan terhadap Iwa K. Nggak hanya itu, sang rapper dan basis, Beery dan Gilbert merasa merinding saat workshop dan satu studio bersama sang legenda hiphop Indonesia.

“Wah, gue tumbuh di era hiphop lagi besar-besarnya di tahun 90-an, salah satu nama yang gue kagumi itu ya Iwa K. Nggak kebayang aja akhirny bisa satu proyek bareng, nyanyi bareng, satu studio bareng. Honestly, gue merinding!” curhat Beery.

3. Kembalinya sang DJ ke Saint Loco

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest