Follow Us

Kapan Gerhana Matahari Cincin Bisa Disaksikan Di Indonesia?

- Kamis, 01 September 2016 | 13:43
Kapan Gerhana Matahari Cincin Bisa Disaksikan Di Indonesia?
Hai Online

Kapan Gerhana Matahari Cincin Bisa Disaksikan Di Indonesia?

Menurut kabar yang beredar, fenomena alam Gerhana Matahari cincin sebetulnya bisa disaksikan pada Kamis (1/9) ini. Sayangnya, kita yang berada di Indonesia nggak bisa menyaksikan itu, malahan hanya bisa melihat Gerhana Matahari sebagian. Itu pun sulit kelihatan, lantaran terjadinya bertepatan dengan senja, sehingga posisi matahari terlalu rendah. Terus sebenarnya, kapan, sih, Gerhana Matahari cincin bakal bisa disaksikan di Indonesia?

Well, sebagaimana ditulis di Kompas.com, Indonesia bakal punya kesempatan, kok, untuk menikmati fenomena menarik itu secara maksimal. Berdasarkan data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Indonesia bakal mengalami Gerhana Matahari cincin pada 26 Desember 2019.

Yah, masih lama banget dong? Tenang! Penantian tiga tahun itu emang lama, tapi kesabaran kita menunggu nantinya akan berbuah manis, kok. Pasalnya, Indonesia bakal menjadi lokasi terbaik di dunia untuk mengamati Gerhana Matahari cincin itu tiga tahun dari sekarang. Wilayah yang bakal menjadi lokasi terbaik untuk mengamati fenomena ini adalah Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Riau.

Kota Lalang di Riau bakal menjadi salah satu kota yang mengalami Gerhana Matahari cincin terlama di dunia pada 2019 nanti, yakni selama 3 menit 9 detik. Kota lain yang kemungkinan bakal bisa ikut menikmati fenomena ini adalah Padang Sidempuan, Pekanbaru, dan Batam.

Gerhana itu bakal terjadi pada siang hari, sehingga efek yang ditimbulkan bisa dirasakan secara maksimal. Satu hal yang menjadi tantangan mungkin adalah cuaca. Karena kita tahu sendiri, bulan Desember cukup akrab sama musim hujan, sehingga ada potensi gerhana nggak bisa disaksikan. Ya, tapi semoga waktu Gerhana Matahari cincin tiba di Indonesia, cuacanya baik-baik aja ya, bro.

Gerhana Matahari cincin sebelumnya pernah terjadi beberapa kali di Indonesia. Tahun 2009, fenomena ini terjadi di Lampung dan tahun 2010 dapat disaksikan di Bandung. Gerhana Matahari cincin terjadi saat bulan, bumi, dan matahari terletak segaris dan pada saat yang sama, bulan sedang ada pada titik terjauh dari bumi. (Kompas.com/Yunanto Wiji Utomo)

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest