Follow Us

4 Tips Menghadapi Masa Pancaroba. Waspada, Jangan Sampai Sakit!

- Kamis, 01 September 2016 | 08:30
Awas, jangan sampai sakit di masa pancaroba gini!
Hai Online

Awas, jangan sampai sakit di masa pancaroba gini!

Tanda-tanda musim pancaroba udah mulai kelihatan banget, nih. Pagi udara sejuk, siang terik matahari super menyengat, eh sore hujan gede melanda. Akibatnya, kondisi fisik jadi nggak menentu dan celah buat mendatangkan penyakit jadi terbuka lebar. Terus, kita harus gimana? Tenang, ada banyak cara kok untuk mengantisipasi musim pancaroba kayak sekarang ini. Biar kita nggak sakit, dan badan kita tetap bugar seperti biasanya. Nah, ini dia 4 tips menghadapi musim pancaroba.

Biasakan Hidup Bersih

Hidup bersih bukan berarti lo harus selalu mandi tiga sampai empat kali sehari kok, guys. Cukup menjaga kebersihan kayak cuci tangan sebelum makan, itu pun bisa dilakukan untuk mencegah penyakit-penyakit di musim pancaroba. Terus, kita juga harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Pasalnya, kalo kita nggak bersih, penyakit kayak diare bakal lebih gampang menyerang, tuh.

Jaga Makan

Nah, buat yang suka jajan-jajan di pinggir jalan, lebih baik mulai dikurangin deh. Mendingan, kita bawa bekal sendiri dari rumah. Terus, mengingat di musim kayak gini matahari bakalan jarang muncul dan kita bakal kurang terpapar sinar matahari yang mengandung Vitamin D alami, ada baiknya kita juga mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Contohnya, jamur, susu, tahu, atau keju. Vitamin D ini diketahui bakal membantu menjaga kekebalan tubuh kita dari penyakit, lho.

Air Putih

Musim pancaroba yang bikin tubuh nggak menentu ini juga bisa kita atasi dengan banyak minum air putih. Gunanya, supaya tubuh kita terus terhidrasi. Air putih yang kita minum pun sebaiknya bukan yang panas, hangat, atau dingin. Melainkan yang bersuhu normal aja. Soalnya, kalo ketika cuaca panas kita minum air dingin, dan ketika cuaca dingin kita minum air panas, tubuh kita bakalan bereaksi terhadap perubahan suhu. Dan kita bisa lebih gampang kena batuk pilek.

Olahraga

Yap! Dengan berolahraga, tentunya stamina kita akan lebih terjaga. Keringat yang dihasilkan dari gerak tubuh bakal membawa kotoran-kotoran di dalam tubuh ikut keluar. Jadi, badan kita bakal terasa lebih segar, dan sistem kekebalan tubuh kita juga bisa meningkat. Well, kalo ngerasa cuaca di luar ruangan nggak oke buat olahraga, kita bisa, kok, olahraga di dalam ruangan. Push-up, sit-up, atau gerakan-gerakan simpel lainnya, bisa disebut olahraga juga, kan?

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest