Follow Us

Gokil, Film Jadul Tiga Dara Direstorasi Jadi 4K! Hasilnya Bening Abis!

Alvin Bahar - Selasa, 21 Juni 2016 | 05:45
Tiga Dara
Alvin Bahar

Tiga Dara

Kesempatan buat kita-kita nonton film jadul lokal nggak gede. Kalopun ada, kualitas gambarnya nggak bagus. Beruntung, canggihnya teknologi udah bisa restorasi film jadul yang banyak "semutnya" jadi bening lagi. Contohnya kayak film Tiga Dara yang telah selesai direstorasi dan bisa kita tonton bulan Agustus depan.

Tiga Dara adalah film drama musikal tahun 1956 dari Indonesia yang disutradarai oleh Usmar Ismail dan dibintangi oleh Chitra Dewi, Mieke Wijaya, dan Indriati Iskak, masing-masing sebagai tokoh Nunung, Nana, dan Neni. Nggak hanya mereka, Rendra Karno, Bambang Irawan, dan Fifi Young juga turut memperkuat film ini.

Baca Juga: 7 Film Indonesia Wajib Tonton 2016

Chitra Dewi, Mieke Wijaya, dan Indriati Iskak
Film ini berkisah tentang romantika keluarga dengan tiga anak perempuan yang semuanya masih lajang. Ibu mereka meninggal, dan ketiganya tinggal bersama nenek dan ayah yang sibuk.

Mengemban amanat almarhumah, sang nenek berusaha mencarikan joadoh untuk si sulung. Namun calon suami itulah yang kemudian menjadi rebutan dua dari tiga dara dimana si bungsu Neni berkomplotan untuk menyelesaikan konflik. Konflik inilah yang menjadi cerita menarik dari lakon Tiga Dara.

60 tahun setelah Tiga Dara perdana tayang, film yang memenangkan penghargaan di Festival Film Indonesia tahun 1960 untuk tata musik terbaik ini direstorasi. Adalah SA Films, rumah produksi yang sukses membuat film Tiga Dara bisa disaksikan di era modern ini. Proses restorasi film Tiga Dara ini dilakukan dengan tujuan agar generasi muda Indonesia dapat menikmati film klasik Indonesia berkualitas.

Baca Juga: 49,25 % Orang Nonton Film Indonesia di Televisi

SA Films mengakui, kondisi fisik dari film yang sempat tayang 8 minggu berturut-turut di bioskop Indonesia tersebut sangat memprihatinkan.

Restorasi fisik Tiga Dara dilakukan oleh L’immagine Ritrovata di Bologna, Italia. Proses restorasi fisik selesai pada 8 Oktober 2015 lalu. Dibuat dalam format digital HD, 2K, dan 4K, Film klasik Tiga Dara merupakan film Indonesia pertama hasil restorasi dengan resolusi 4K.

Baca Juga: 5 Film Indonesia Yang Cocok Diangkat Jadi Video Game

Hingga akhirnya, film ini bisa kita nikmati di bioskop tercinta mulai 11 Agustus 2016 nanti. DVD dan BluRay-nya juga direncanakan dirilis pada tahun 2017 depan. Anyway, usahakan menonton film ini di studio dengan proyektor 4K ya, biar makin berasa!

Udah penasaran banget dengan versi restorasi dari Tiga Dara? Cek trailer-nya di bawah ini.

Baca Juga: 3 Alasan Penonton Nggak Mau Nonton Film Indonesia

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest