Follow Us

4 Juta Pelajar SMP Semangat UN 2016!

- Senin, 09 Mei 2016 | 04:00
Pak Anies cek UN SMP 2016
Hai Online

Pak Anies cek UN SMP 2016

Teman-teman pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada hari ini kompak melempar hashtag #SemangatUN2016 di akun Twitter mereka. Dukungan itu, tentu juga datang dari teman dan keluarga yang memberi semangat pada hari pertama UN digelar.

Menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI, setidaknya ada 4.208.388 siswa SMP atau sederajat di seluruh Tanah Air yang hari ini menjalani UN serentak. Di hari pertama UN tersebut, teman-teman SMP akan menghadapi tes untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan menyebut ada dua model UN bagi teman-teman pelajar SMP yakni berbasis kertas dan komputer. Pagi ini, Anies ikut meninjau jalannya UN di SMP N 114, Semper, Jakarta Utara untuk menyaksikan langsung pembagian soal UN berbasis kerta pensil dan Kertas (UNPK) pada Senin (9/5).

"Jadi untuk SMP tahun ini ada 60 ribu sekolah yang mengikuti UN. Atau 4,2 juta siswa mengikui UN setingkat SMP," ujar Anies kepada media.

Dari total jumlah siswa SMP atau sederajat yang mengikuti UN hingga empat hari ke depan, 156.320 siswa di antaranya merupakan peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Jumlah tersebut tersebar di 984 sekolah di seluruh Indonesia.

"Yang komputer meningkat. Tahun lalu ada 41 sekolah tahun ini jadi meningkat 984 sekolah. Kita memang ingin berbasis komputer seperti tahun lalu" kata Anies.

Semoga dicek juga fasilitasnya ya, Pak!

Baca: Anti Gelisah Jelang UN Matematika Pelajar SMP Kompak Saling Pijat

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest