Follow Us

Ketika Bos Studio Ghibli Dikasih Nasi Tumpeng Oleh Fans di Jakarta

Alvin Bahar - Sabtu, 20 Agustus 2016 | 13:30
Nasi tumpeng menemani Toshio Suzuki dari Studio Ghibli melayani permintaan fans Jakarta.
Alvin Bahar

Nasi tumpeng menemani Toshio Suzuki dari Studio Ghibli melayani permintaan fans Jakarta.

Walau weekend, counter penjualan tiket Plaza Senayan XXI, Jakarta pada Sabtu (20/8) siang nggak terlihat ramai. Yang ramai justru sebuah counter kecil di sebelah counter penjualan tiket, sampai-sampai security bioskop harus merapikan barisan orang-orang yang terlihat nggak sabar itu. Mau tau apa yang bikin ramai? Ternyata, counter kecil itu adalah tempat pengambilan tiket limited screening film Spirited Away dari Studio Ghibli, yang diadakan oleh Kaninga Pictures dan Marubeni.

Cuma 150 orang beruntung, yang menuliskan jawaban terbaik di survei online yang disebar Kaninga Pictures, yang berhak dapet tiket untuk menonton film yang dirilis pada tahun 2001 itu. Padahal, penukaran tiket dimulai pukul 14:00 hingga 15:00 WIB, tapi sejak pukul 13:00 WIB, udah banyak tuh yang hadir ke lokasi. Banyak juga yang bawa pernak-pernik Spirited Away dan Studio Ghibli. Bener-bener antusias deh pokoknya.

Ini lho tiketnya
Sebenarnya sih antusiasme para fans Ghibli di Indonesia ini udah berlangsung sejak survei online-nya disebar, Senin 16 Agustus lalu.

"Kita bikin survei soalnya para orang Ghibli nggak tau kalo banyak orang Indonesia yang suka Ghibli," ucap Giovanni Rahmadeva dari Kaninga Pictures. "Kami pikir cuma 600-800 yang ikut. Eh ternyata sampai 3600-an!" lanjutnya.

HAI juga jadi salah satu penonton beruntung yang berhak nonton limited screening ini lho (Makasih Kaninga Pictures!) dan HAI akui, karya Studio Ghibli ini kereeeeen banget. Kami yakin, semua penonton yang hadir udah pernah nonton Spirited Away (bahkan mungkin lebih dari sekali!) namun ketika mereka menontonnya lagi, banyak yang tetap mendapatkan sensasi seperti saat pertama menontonnya.

"Gue sampai nangis nih," ucap seorang penonton cewek di sebelah tempat duduk HAI. Air matanya menetes saat melihat salah satu adegan menyedihkan di film yang meraih nilai 8.6 di situs IMDb itu.

Suasana makin meriah ketika film selesai diputar. Salah satu dedengkot Studio Ghibli dan produser Spirited Away, Toshio Suzuki, hadir di hadapan penonton. Para penonton pun udah nyiapin surprise. Saat Suzuki masuk ke studio, seisi bioskop nyanyi lagu Happy Birthday. Maklum, kakek berusia 68 tahun ini baru aja ultah pada 19 Agustus kemarin.

Nggak cuma nyanyi dan ngucapin selamat, beberapa penonton juga ada yang bawa hadiah buat pria yang pernah berkuliah di Keio University itu. Bahkan ada yang bawa nasi tumpeng!

"Wah, ini boleh saya bawa pulang ke Jepang?" kata Suzuki saat dikasih nasi tumpeng.

Antrian minta tanda tangan dan foto bareng Toshio Suzuki-san
Dengan baik hati, Suzuki juga menerima permintaan tanda tangan dan foto bareng para fansnya. Segala macam permintaan fans ia lakukan dengan senyum mengembang di wajah. Seharusnya, ia mesti pergi ke bandara pada pukul 18:00 WIB. Namun, ia dengan senang hati bersedia melayani permintaan para fansnya hingga pukul 19:00 WIB.

"Saya senang bertemu orang-orang yang ingin menemui saya," katanya.

Foto bareng sebelum Toshio Suzuki balik ke Jepang.
Sore itu jadi momen tak terlupakan buat para fans Studio Ghibli yang beruntung tersebut. Mereka bisa bertemu pembuat film-film yang mereka sukai, sekaligus merayakan ultahnya. Tetapi mungkin kado terindah justru didapatkan oleh Toshio Suzuki dan Studio Ghibli. Mereka akhirnya tau, gimana antusiasme dan betapa berartinya film-film karya studio dari Jepang tersebut bagi penggemar Ghibli di Indonesia.

Editor : Alvin Bahar

Latest