Follow Us

4 Negara yang Sukses Terapkan Sistem Full Day School

Alvin Bahar - Rabu, 10 Agustus 2016 | 03:45
Suatu kelas di Jepang
Alvin Bahar

Suatu kelas di Jepang

Kabarnya, saat ini sistem Full Day School akan segera diterapkan di Indonesia. Ide tersebut diusulkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy. Menurutnya, sistem Full Day School bakal sukses diterapkan di negara kita.

Katanya lagi, sistem seperti itu bisa membuat para pelajar pulang pada sore hari bersamaan dengan orang tua saat pulang kerja. Dengan demikian, orang tua bisa mengawasi anak mereka dengan tepat waktu.

"Dengan sistem Full Day School ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan nggak menjadi liar di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulang dari kerja," kata Mendikbud di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (7/8) kemarin, dikutip dari Kompas.com.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Foto by : Fabian Januarius Kuwado, Kompas.com
Menurut dia, kalau anak-anak tetap berada di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah sampai dijemput orang tuanya usai jam kerja. Selain itu, anak-anak bisa pulang bersama-sama orang tua mereka sehingga ketika berada di rumah mereka tetap dalam pengawasan, khususnya orang tua.

Namun, ide Full Day School ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Banyak orang tua berpendapat, kita-kita akan stres kalo dipaksa sekolah seharian.

Di sisi lain, ada juga yang setuju karena sistem seperti itu sudah banyak diterapkan di beberapa negara maju. Walau menggunakan Full Day School, mereka bertengger di puncak Global School Ranking tahun 2015 lalu. Negara apa aja sih yang sukses terapkan sistem Full Day School? Cek halaman berikutnya deh!

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest