Follow Us

Kampus Ini Bikin Robot Yang Cantik Banget Kayak Gebetan Kita, Kemampuannya Juga Seperti Manusia

Alvin Bahar - Kamis, 30 Juni 2016 | 06:15
Tebak, yang mana manusia dan yang mana robot?
Alvin Bahar

Tebak, yang mana manusia dan yang mana robot?

Ada pemandangan unik di Summer Davos Forum 2016, Tianjin (28/6). Sesosok cewek cantik dikerubuti banyak orang. Banyak yang ngajak ia selfie, ajak ngobrol, nyentuh-nyentuh, atau sekedar mengagumi kecantikan cewek yang mengenakan pakaian tradisional Tiongkok itu.

Cewek yang diketahui bernama Jia Jia itu nggak pernah menolak permintaan foto bersama puluhan orang itu. Yaiyalah, dia kan robot!

Yap, si canik itu adalah hasil karya Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China (University of Science and Technology of China). Selama tiga tahun, robot perempuan yang diklaim paling mirip dengan manusia sebenarnya itu disempurnakan oleh para ilmuwan di kampus tersebut.

Tim pembuat Jia Jia memang sudah berpengalaman dalam membuat robot. Mereka sebelumnya berhasil merebut juara pertama dalam kompetisi RoboCup Championship 2014 dengan robot bernama Keija buatannya.

Robot humanoid bernama Jia Jia ini mampu berbicara, menggerakkan bibir, mata, tubuh dan menunjukan ekspresi wajah. Robot Jia Jia ini dibangun dengan ukuran manusia sesungguhnya, memiliki raut muka yang sangat nyata dengan detil yang mengagumkan.

Setiap pengunjung forum tersebut terlihat mengagumi sosok Jia Jia, selain berfoto beberapa orang bahkan menyentuh robot ini untuk merasakan tekstur kulitnya. Begitu cantiknya paras Jia Jia sehingga para pengunjung menjulukinya "Sang Dewi Robot".

"Dia bahkan lebih cantik dari manusia sungguhan," ujar seorang pengunjung.

Bisa berkomunikasi dengan manusia dan nunjukin jalan

Robot ini juga tentu saja diprogram untuk bisa berinteraksi dengan manusia. Yang mengejutkan, ketika si pembuatnya, Chen Xiaoping menyapa hasil buatannya itu dengan kata 'Halo', Jia Jia langsung meresponnya dengan jawaban yang membuat orang terkejut.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest