Follow Us

Ada Bocoran UN 2016 yang Harus Kita Ketahui!

- Senin, 04 April 2016 | 03:45
UNBK di SMAN Pekan Baru
Hai Online

UNBK di SMAN Pekan Baru

Pelaksanan Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat yang berlangsung mulai Senin (4/4) ini diwarnai dengan isu beredarnya kunci jawaban soal yang disebarkan oleh oknum-oknum ke beberapa SMA di Jakarta.

Lantas ada bocoran apa saja yang terjadi untuk Ujian Nasional tahun ini, baik yang dalam bentuk Paper Based Test (PBT) atau pun Computer Based Test (CBT) alias Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016.

Berikut bocoran UN 2016 yagng harus pelajar ketahui!

Beredar Kunci Jawaban Palsu di SMAN 70

Ya, pelaksanan Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat yang berlangsung mulai Senin (4/4) ini diwarnai dengan isu beredarnya kunci jawaban soal yang disebarkan oleh oknum-oknum ke beberapa SMA di Jakarta. Menanggapi kabar ini, Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto langsung meninjau ke beberapa sekolah di Jakarta, salah satunya SMAN 70 Jakarta.

“Itu bahaya untuk anak-anak sekolah, dan membuat keuntungan pihak tertentu," kata Daryanto dikuti dari Tribunnews, setelah meninjau kesiapan UN di SMAN 70, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin pagi. Usai meninjau ia mengklaim seluruh kunci jawaban yang beredar tersebut ternyata adalah palsu.

"Ada peristiwa dan sudah diproses, bagi anaknya (siswa) juga ada hukuman," katanya berharap, peserta UN yang lain tidak tertipu dengan kunci jawaban yang beredar.

Sementara itu, peluang adanya kecurangan UN 2016 juga terjadi di beberapa SMA Jambi, namun isu kali ini bukan penyebaran kunci jawaban diantara peserta UN yang terjadi melainkan dugaan kebocoran naskah soal dari oknum guru yang katanya sampai memperjual-belikan naskah soal tersebut.

Meski begitu, dari laporan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Ridham Priskap seperti dikutip dari beritasatu.com, ia meyakinkan siswa peserta UN agar tidak mempercayai bocoran soal dan kunci jawaban yang ditawarkan oknum-oknum guru, sebab naskah itupun palsu.

“Setiap siswa dalam satu ruangan akan berbeda soal ujianya, jadi siswa peserta UN jangan percaya soal dan kunci jawaban yang dijual oleh siapa pun,” tegas Ridham Priskap ketika melepas distribusi soal UN tingkat SMA dan sederajat ke kabupaten/kota di kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Jumat (1/4)lalu sebelum ujian.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest