Follow Us

Sejarah Twitter di Hari Ulang Tahunnya Yang Ke 10

- Senin, 21 Maret 2016 | 05:30
Twitter
Hai Online

Twitter

Hari ini, Senin, 21 Maret 2016, ternyata adalah salah satu momen bersejarah buat Twitter, Lho. Kamu tau kenapa? Karena tepat tanggal 21 Maret 2006, 10 tahun yang lalu Twitter didirikan.

Twitter adalah aplikasi sosial media berbasis web yang bisa mengirimkan teks beserta gambar dengan 140 karakter. Berikut sedikit sejarah Twitter.

Didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams dan Biz Stone. Awalnya dimulai saat mereka berdiskusi di acara prusahaan podcast, Odeo. Jack Dorsey mengemukakan gagasan untuk membuat pesan singkat berbasis web untuk komunikasi kepada temannya. Gagasan Jack Downey ini terinspirasi dari Flickr dan kode SMS di Amerika Serikat yang jumlahnya lima digit.

Jack Dorsey penemu Twitter
Setelah obrolan itu, tanggal 21 maret 2006, akhirnya untuk pertama kalinya Twitter lahir. Kemudian setelah menjalani berbagai uji coba, Twitter diperkenalkan ke publik pada 15 Juli 2006.

Nah, Tweet pertama yang dipublikasikan oleh Jack Dorsey adalah “Just setting up my twitter” untuk kalangan kantornya.

"...kami memilih kata 'twitter', dan itu sempurna. Defenisinya adalah 'ledakan singkat informasi tidak penting', dan 'celotehan burung'. Dan seperti itulah tepatnya produk ini.

+ Jack Dorsey
Setelah itu pula, secara nggak diduga Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat. Terdapat 400.000 kicauan yang diposting per kuartal pada tahun 2007. Jumlah ini meningkat menjadi 100 juta kicauan per kuartal pada 2008. Pada Februari 2010, pengguna Twitter mengirimkan 50 juta kicauan per hari.

Untuk di Indonesia sendiri, memasuki penghujung 2015, Twitter mengumumkan akun Twitter figur publik di Indonesia dengan follower (pengikut) terbanyak, baik itu penyanyi, politikus, pemain film, hingga media.

Agnes Monica (@agnezmo) menduduki posisi teratas dengan jumlah follower sebanyak 14,4 juta, bertambah lebih dari 2,5 juta pengikut dari jumlah tahun lalu.

Raditya Dika (@radityadika) naik satu peringkat ke posisi ke-2 dengan pertumbuhan jumlah follower sebanyak 3,5 juta menjadi 12,4 juta.

Berikut ini 10 akun Twitter Indonesia dengan followers terbanyak :

1. Agnez Mo (@AgnesMo) : 14,4 juta

2. Raditya Dika (@Radityadika) : 12,4 juta

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest