Follow Us

Ribuan Sekolah Siap Gelar UN 2016 Sistem CBT

- Kamis, 11 Februari 2016 | 05:45
Kendala Server UN CBT 3 Sekolah Ditunda
Hai Online

Kendala Server UN CBT 3 Sekolah Ditunda

Sejak tahun ajaran lalu, pemerintah telah menggelar ujian nasional (UN) dengan system CBT (computer based test) atau sekarang dikenal sebagai ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Jika tahun lalu ujian untuk SMP dan SMA digelar hanya untuk ratusan sekolah, tahun ini akan lebih banyak lagi sekolah yang menerapkan sistem tersebut.

Baca: Ujian Nasional CBT: Banyak Sesi Namun Efisiensi

Nah, menurut pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan data ya tercatat ada sekitar 500-an sekolah percontohan yang sudah melaksanakan UNBK, namun pada tahun ini 4000 lebih sekolah siap menggelar UN CBT.

"Tahun ini 4.468 sekolah akan menggelar ujian nasional dengan komputer tersebut. Jumlah tersebut kemungkinan bertambah mengingat ada 120 sekolah yang masih dalam proses klarifikasi," ujarnya pada Jumat (5/2).

Lebih detail, UNBK akan berlangsung di 1.030 SMP, 1.324 SMA/MA, dan 2.114 SMK. Adapun perserta ujian CBT telah diperkirakan mencapaui 929.036 siswa. Semoga nggak banyak kendala, ya guys! Baca: Lebih Suka Ujian Berbasis Komputer atau Kertas?

Jadwal UN Perbaikan

Melihat pada tahun lalu masih banyak siswa yang gagal mengikuti ujian, maka tahun ini pemerintah telah menyiapkan jadwal UN perbakan. Data yang disebutkan pak Anies, tahun ini akan ada 69.690 siswa yang mengikuti UN perbaikan. Ujiannya akan diselenggarakan pada 22 Februari-5 Maret. Pendaftaran UN perbaikan itu sendiri telah berlangsung sejak 28 September-15 November 2015.

"Saat ini soal untuk UN perbaikan telah siap dan akan dilaksanakan dengan berbasis komputer," imbuhnya.

Selamat ujian dan meningkatkan kemampuan dan kejujuran! Kalo mau lebih siap, cobain deh ikuta #FokusGebetKampus

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest