Follow Us

Motor Android karya SMKN 8 Bandung

- Kamis, 28 Januari 2016 | 09:45
Motor Android SMKN 8 Bandung
Hai Online

Motor Android SMKN 8 Bandung

Kreatif. Mungkin itu jadi kata paling tepat buat menggambarkan teman-teman dari SMKN 8 Bandung. Gimana nggak coba, selain berhasil mengembangkan mobil off-road bernama Buggy ABCD, SMKN 8 juga telah menelurkan beberapa temuan keren tentang kecanggihan teknologi yang dihubungkan dengan dunia otomotif. Salah satunya adalah Motor Android ini!

Yap, sesuai namanya, teman-teman SMKN 8 Bandung berhasil menciptakan satu inovasi, yang memungkinkan kita bisa mengendalikan sepeda motor lewat aplikasi berbasis Android.

"Jadi gini, lewat alat ini kita bisa menghidupkan sampai mematikan sepeda motor hanya dengan aplikasi. Nggak butuh kunci," papar Wanda Utama, salah satu siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), SMKN 8 Bandung, kepada HAI, Kamis (28/1).

Pakai Bluetooth

Lebih lanjut, Wanda menceritakan bahwa ada dua komponen utama dalam berjalannya teknologi ini. Yakni otak (semacam prosesor yang berhubungan dengan kelistrikan motor) dan aplikasi yang bertujuan untuk mengendalikannya.

"Aplikasi dan otak ini saling berkesinambungan. Nah, mereka terkoneksi lewat sambungan Bluetooth. Makanya, jarak untuk mengendalikannya nggak bisa lebih dari 10 meter," lanjut Wanda.

Meski begitu, Wanda mengakui bahwa temuan itu masih belum sempurna. Wanda menambahkan bahwa ia bersama tim yang terdiri dari tujuh orang masih akan melanjutkan penelitian lanjutan. Menurutnya, dia masih hendak berusaha untuk membuat temuannya jadi lebih canggih lagi.

"Ke depannya, kami masih ingin lebih bagus lagi. Jadi ini belum final. Kami mau bikin aplikasi ini terkoneksi dengan GPS, jadi jaraknya bisa lebih jauh. Nah, kerennya adalah kami mau aplikasi ini bisa mematikan motor dari jarak jauh, jaga-jaga kalau motor ini bilang dicuri atau dibegal," tutup Wanda yakin.

Sukses, guys!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest