Follow Us

Tangan Robot Tawan “Cyborg Made in Indonesia” Dianggap Palsu

- Jumat, 22 Januari 2016 | 07:45
Iron Man Indonesia Tawan dari Bali
Hai Online

Iron Man Indonesia Tawan dari Bali

I Wayan Sumardana alias Sutawan alias Tawan, si pembuat tangan robot (cyborg) made in Indonesia ini masih dan semakin ramai dibahas banyak orang. Sebutan Iron Man dari Indonesia semakin nempel di belakang nama lulusan Jurusan Elektro Sekolah Teknik Menengah (STM) Rekayasa, Denpasar, Bali, Indonesia angkatan 2002 ini.

Semakin banyak media yang datang meliput dan mencari tahu lebih banyak tentang sosok dan juga tangan robot buatan Tawan yang katanya 90 persen dibuat dari barang rongsokan yang ditemukannya. Ali-alih membuat suatu penemuan yang bisa membantu tangan kirinya bekerja, beberapa netizen justru menduga kalau tangan robot Tawan palsu.

Baca: Begini Cara Kerja Tangan Robot Tawan

Salah satunya adalah pengguna Facebook bernama M Asad Abdurrahman, dengan rasa penasaran yang tinggi Asad tidak lantas percaya dengan ramainya pemberitaan yang memunculkan tangan robot buatan Tawan.

Analisa gambar mesin Tangan Robot

Dia pun mulai menganalisa gambar mesin utama dari tangan robot Tawan.

“Sangat jelas kelihatan kalau itu hanya perangkat palsu untuk membuat hoax.. Di kanan bawah ada USB port, untuk apa pakai port begituan? lalu disamping USB port itu ada port audio pink dan hijau.. Ngapain ada port audio? buat denger mp3 dari tangannya? Ini sudah kelihatan kalau dia hanya ambil bagian dari motherboard komputer.. Lalu port itu berdiri sendiri tanpa koneksi ke sirkuit apapun..

Juga perhatikan papan sirkuit (PCB) di kiri atas.. PCB itu sudah butek minta ampun, artinya itu rongsokan yang dia ambil dari tempat sampah, bukan buatannya sendiri.. Dari PCB itu kelihatan ada port PS/2 berwarna putih, jadi teridentifikasi PCB itu dari suatu device yang terkoneksi ke PC..

Lalu PCB merah di atas batere itu PCB mouse

Yang jelas.. saya salut pada orang ini dia berhasil membual dan banyak yang percaya

Nggak cukup hanya disitu, seorang Netizen bernama Neko Daisuki mulai menganalisa juga gambar bergerak dari video-video yang pernah disaksikannya.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest