Follow Us

Inilah Dia Cyborg "Made In Indonesia"

- Senin, 18 Januari 2016 | 10:00
I Wayan Sumardana cyborg made in Indonesia
Hai Online

I Wayan Sumardana cyborg made in Indonesia

Udah pernah nonton film yang ceritanya tentang robot separuh manusia seperti Terminator atau District 9?

Di Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Bali seorang pria bernama I Wayan Sumardana alias Tawan (31) bisa membuat tangan robot untuk mengganti tangan kirinya yang mangalami kelumpuhan karena stroke.

Nah, berbekal ilmu dari STM yang ia miliki, Tawan merancang tangan cyborg yang seluruh bahan bakunya berasal dari barang rongsokan, mulai dari shockbreaker sepeda motor, alat elektronik bekas sampai perangkat komputer lama.

Tentunya rancangan tangan ini nggak sekali bikin langsung berhasil digunakan, selalu butuh research and development. Baru di percobaan ke-5 bisa digunakan dan diberi nama robot EEG.

"Alat ini belum sempurna, tetapi sudah lumayan membantu saya. Tanpa alat ini saya sama sekali nggak bisa bekerja menggunakan tangan kiri," ujarnya dikutip dari Balipost.

Tawan juga mendemonstrasikan aksi dimana saat ia mengangkat pelek mobil seberat 10 kg dengan tangan kanan terasa berat, tapi dengan tangan kirinya beban 10 kg dapat terangkat dengan cukup dengan mudah. Dahsyat, ya!

"Namun dalam menggunakan tangan robot ini sinyal otak saya sangat terkuras. Saya harus berkonsentrasi memikirkan atau fokus pada benda apa yang mau saya ambil. Kalau tidak fokus saya akan kesulitan, jadi dibutuhkan fokus otak untuk memerintahkan robot," ujarnya lagi.

Keren banget ya, guys!

Baca Juga:

Nih dia, 5 robot bikinan anak SMA Indonesia!

Ekskul Robotik SMAN 8 Jakarta: Gigih Menjadi Canggih

Source: Balipost.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest