Follow Us

Life: Kehidupan di Balik Foto Esai Majalah

- Selasa, 12 Januari 2016 | 08:00
Life: Kehidupan di Balik Foto Esai Majalah
Hai Online

Life: Kehidupan di Balik Foto Esai Majalah

Life adalah film berlatar tahun 1955 dimana seorang aktor Hollywood James Dean_bukan James Deen bintang porno ya!_ sedang naik daun karena telah menjadi artis pendatang baru yang kemudian dikenal sebagai The “Moody New Star”.

Sebutan itu nggak datang begitu saja. Sebelum James Dean (diperankan Dane DeHaan) bertemu Dennis Stock (diperankan Robert Pattinson), seorang fotografer lepas (Freelancer Photographer) yang bekerja untuk sebuah agen foto Magnum. Keduanya bertemu di sebuah pesta yang diadakan oleh Nicholas Ray, pasca film East of Eden dirilis. Sambil menunggu kabar audisi untuk Rebel Without a Cause, Keduanya berteman. Ya, gampangnya fotografer temenan sama seleb baru!

Namun begitulah, Stock sebagai fotografer muda yang sedang mengejar karier profesional di Los Angeles merasa jenuh dengan pekerjaannya membidik foto-foto red carpet. Justru, mata Stock menangkap ada sesuatu yang menarik dari seleb baru yang dikenalnya James Dean sehingga ia pun ingin memanfaatkannya sebagai bantu loncatan.

I want to capture his awkwardness. It's pure.”— kata Dennis Stock saat berusaha menangkap foto-foto unik dari bintang baru yang diyakininya bisa menjadi foto cover majalah LIFE.

Sementara itu, Dean juga cukup pintar dalam menggunakan momentum tersebut untuk mendongkrak kariernya di dunia perfilman.

Namun, Dean tidak seperti yang kita lihat. Dia aktor radikal yang mengakar, keunikan ini yang coba ditangkap fotografer Stock sehingga ia mengikuti kehidupan Dean secara mendalam. Pertemanan mereka pun memunculkan emosional. Dean terang-terangan mengaku kalau ia membutuhkan seorang teman yang tahu karakter aslinya, begitu juga Stock yang secara tidak langsung belajar bagaimana menjalani kehidupan seimbang antara pekerjaan dan keluarganya._Oh ya, Stock ini sudah punya istri dan anak, namun hubungan mereka nggak ditonjolkan secara signifikan dalam film arahan Anton Corbijn ini.

Meski dialog film ini agak panjang, menyaksikan adegan demi adegan di film Biopik yang yang sempat diputar di Berlin Festival ini pada akhirnya menuntun penontonnya untuk tahu bahwa ada kehidupan yang menarik dibalik foto Esai yang ada di halaman majalah LIFE.

Kalau nanti ada yang berniat menjadi aktor layaknya James Dean, kita bisa belajar bagaimana menjadi aktor yang nggak lupa asal usul dan ingat untuk “pulang” ke rumah, kalau ada yang niat jadi fotografer juga kita belajar bahwa menangkap momen gambar itu harus diperjuangkan sebab ia tidak bisa diciptakan.

Dan ketahui juga, meski banyak yang bilang kalau peran Robert Pattinson dan Dane DeHaan kurang punya chemistry di film ini, HAI melihat justru ada konsistensi dari dua pemeran tokoh ini. Di luar itu, kita juga akan puas dengan pameran foto-foto Dennis Stock yang asli dengan hasil re-kreasi di film Life tersebut. Ini beberapa contohnya!

Foto James Dean di tempat cukur (film)

Foto James Dean di tempat cukur (asli)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest