Follow Us

Pinjam Buku Perpustakaan Tahun 1963 dan Dikembalikan Tahun 2015!

- Senin, 09 November 2015 | 08:15
dua judul buku yang dipinjam pada Januari 1963 dan secarik surat kaleng peminjamnya
Hai Online

dua judul buku yang dipinjam pada Januari 1963 dan secarik surat kaleng peminjamnya

Siapa yang pernah meminjam buku di perpustakaan dan lupa mengembalikannya sesuai jadwal? Mungkin kita pernah barang sehari atau seminggu saja, oke ada juga yang sampai lulus, tapi meminjam selama 52 tahun, cuma orang ini sih, yang melakukannya!

Yap, pasalnya, baru-baru ini seorang penjaga perpus, atau profesi kecenya disebut pustakawan merasa terkejut karena dua buah buku koleksi perpustakaan di Portland State University akhirnya dikembalikan. Setelah 52 tahun hilang, seseorang membawa masuk dua buah buku yang kelihatan tua. Buku-buku tersebut antara lain berjudul, Basic Principles of Speech dan Preface to Critical Reading.

Dari catatan kertas di balik buku tersebut, tercantum kalau buku-buku itu dipinjam pada Januari 1963 dan salah satunya adalah buku yang dilarang dipinjam keluar, alias tidak seharusnya dibawa keluar perpustakaan tersebut.

Namun, buku itu berbicara dalam selembar surat kaleng yang dikirim peminjamnya.

“'Pinjam' buku ini pada tahun 1963 sebagai referensi kelas pelajaran pidato saat di SMA. Buku-buku ini telah acap kali menginspirasi saya. Sudah saatnya mereka 'pulang'. Usang-benar, tapi saya membiarkan Anda (puatawakan) untuk melakukan keputusan terhadap nasib mereka nanti, " tulis peminjam itu tanpa identitas.

Untuk itu, nasib kedua buku tersebut masih belum diputuskan, namun buku-buku itu untuk semntara tidak akan ditempatkan di dalam sirkulasi perpustakaan universitas. Nasib baiknya, karena tidak terungkap siapa peminjammnya, maka tidak ada denda yang dikenakan kepada peminjam. Padahal kalau dihitung, berapa ya denda telat mengembalikan buku selama 52 tahun? Wah, lumayan sih!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest