Follow Us

Rahasia Bikin Video YouTube Viral dari Dennis Adhiswara

Alvin Bahar - Kamis, 29 Oktober 2015 | 06:15
Dennis Adhiswara
Alvin Bahar

Dennis Adhiswara

Semua pengguna internet pasti pernah nonton video online di YouTube. Banyak video yang pemirsanya bisa dihitung dengan jari, tapi ada pula yang mencetak jutaan views dan tersebar luas di medsos, alias menjadi viral. Mau tau rahasia bikin video YouTube viral?

Nah, Di seminar Pop Conference, ajang pameran komputer Indocomtech 2015, Rabu (28/10) kemarin, tokoh industri kreatif Dennis Adhiswara berbagi rahasia mengenai cara membuat video viral.

Pertama, dia menekankan pentingnya isi konten yang lain dari yang lain.

Baca Juga: 10 Video yang Paling Disukai Penonton YouTube Indonesia

"Setiap satu menit setiap harinya, secara keseluruhan ada sekitar 120 jam video baru yang terunggah ke YouTube. Jadi kalau konten kita biasa aja, kita sulit bersaing," ungkapnya saat berbicara dalam seminar.

Menurut Dennis, bukan cuma isi video yang penting. Kata-kata di judul dan kalimat pertama dalam deskripsi video pun menentukan apakah calon pemirsa akan tertarik dan menonton video atau nggak.

"Keyword di judul dan dua kalimat pertama di deskripsi itulah yang sangat penting dan dibaca oleh mesin pencari seperti Google. Makanya banyak YouTuber yang bikin konten video berdasarkan keyword tertentu yang lagi tren,” lanjut dia.

Baca Juga: 10 YouTuber Dengan Penghasilan Terbesar

Bagaimana cara mengetahui keyword apa yang sedang hot? Dennis menyarankan untuk melihatnya di Google Trends. Beberapa keyword yang selalu menarik minat tinggi di antaranya “epic”, “fail”, dan “one direction”.

Dennis turut menggarisbawahi panel konten yang rapi, menarik, dan sesuai konten yang diusung sehingga pemirsa tak merasa “terjebak” kala menonton video.

“Di panelnya terlihat wanita seksi, tapi waktu dibuka ternyata isinya cowok gondrong yang curhat,” ujarnya memberi contoh.

Terakhir, Dennis menganjurkan untuk membuat thumbnail video yang semenarik mungkin. Di akhir video juga sebaiknya disertakan ajakan kepada pemirsa untuk melakukan subscribe channel.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest