Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Regulasi Baru F1 Untuk Musim Balap 2012

Rian Sidik (old) - Senin, 02 Januari 2012 | 11:22
Regulasi Baru F1 Untuk Musim Balap 2012
Rian Sidik (old)

Regulasi Baru F1 Untuk Musim Balap 2012

Balapan Formula Satu musim 2012 dipastikan akan lebih menarik dari yang sebelumnya. Ini dikarenakan FIA, federasi yang menaungi balapan mobil tercepat di dunia ini, telah mengeluarkan beberapa regulasi balapan yang baru. Walaupun banyak sisi yang menguntungkan bagi tim-tim seperti McLaren, Red Bull Racing atau Ferrari, tidak dipungkiri beberapa regulasi justru memerangi teknologi yang sedang gencar-gencarnya dikembangkan dari sisi aerodimanika. Apa sajakah regulasi yang bakalan diterapkan dalam gelaran F1 yang akan mulai bergulir pada 18 Maret mendatang di Melbourne, Australia ini. Berikut daftar dan penjelasannya.

1. Semua peserta balapan harus terlebih dahulu melewati tes uji tabrak kendaraan yang dilakukan oleh badan keselamatan dari FIA.

2. Semua peserta diperkenankan untuk melakukan running-test mobil-mobil mereka selama 3 hari selama musim kompetisi berlangsung. Tujuannya satu, mempersiapkan mobil agar tampil lebih baik.

3. Dalam balapan nanti, jika safety car keluar akibat adanya kecelakaan atau hak yang lain, mobil-mobil yang berada di posisi lapped atau menghutang satu putaran, diperbolehkan mendahului safety car dan melakukan putaran satu lap sebelum bergabung kembali di posisi paling belakang. Tujuannya, demi kenyamananan pembalap terdepan untuk melakukan overtaking.

4. Apabila balapan ditunda, mobil yang sedang berada di dalam pit lane berhak untuk kembali ke posisi sebelum penundaan terjadi.

5. Apapun yang terjadi dalam balapan, FIA menambah jam balapan menjadi 4 jam. Sebelumnya hanya 2 jam

6. Mobil yang sudah keluar garis balapan tidak diperbolehkan untuk kembali memasuki garis balap

7. Untuk penggunaan ban, musim depan FIA memperbolehkan setiap peserta untuk menggunakan semua jenis ban dalam sesi latihan. Sebelumnya hanya dijatahi 3 set saja.

8. Pembalap diharamkan untuk memotong jalan tanpa alasan yang masuk akal.

9. Untung menghindari kecelakaan dengan posisi T-Bone, moncong setiap mobil peserta hanya boleh setinggi 550 mm dari acuan awal. Sebelumnya lebih tinggi, yaitu 625 mm

10. Untuk memastikan para pembalap aman dari segala bentuk benturan, sasis setiap mobil peserta harus terbuat dari panel yang sah.

11. Kaki suspensi yang menjalar dari belakang mobil hingga ke depan hanya diperbolehkan memiliki satu rongga. Dan ini kurang menguntungkan dari sisi aerodinamika.

12. Kamera televisi yang diletakkan pada moncong mobil musim depan harus diposisikan sesuai dengan kejelasan gambar yang muncul di televisi.

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Latest

x