Follow Us

FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Soroti Isu Keamanan

Al Sobry - Kamis, 30 Maret 2023 | 11:50
GBK

GBK

Baca Juga: FIFA Hapus Lagu Glorious dari Weird Genius, Isu U20 World Cup Batal Digelar MencuatDalam pernyataan yang sama, FIFA menuliskan tuan rumah baru Piala Dunia U20 bakal segera diumumkan."Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," lanjutnya.Terlepas dari keputusan itu, FIFA tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepakbola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022.
"FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023," tulis pernyataan FIFA.

FIFA tak menjelaskan lebih jauh apa yang dimaksud dengan "situasi terkini". Namun, situasi itu disinyalir ada hubungannya dengan polemik timnas Israel di Piala Dunia U20 2023 Indonesia dan isu keamanan yang sempat mencoreng dunia sepak bola Indonesia.

Bahkan, sebelum FIFA mencabut status tuan rumah Piala Dunia U20 dari Indonesia, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga menyebut bahwa induk sepak bola dunia itu telah menyoroti kondisi keamanan pelaksanaan Piala Dunia U20 di Tanah Air, seiring maraknya penolakan Israel dalam beberapa hari terakhir. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest