Follow Us

Kemendikbudristek Kolaborasi Bareng JIS dan Universitas Harvard

Alvin Bahar - Jumat, 03 Maret 2023 | 09:05
Harvard University
Shutterstock

Harvard University

HAI-ONLINE.COM - Jakarta Intercultural School (JIS) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dan Universitas Harvard dalam menyelenggarakan pelatihan khusus CS50x tentang ilmu komputer dan pemrograman.

Ini adalah upaya pemerintah dalam mendukung pengembangan profesionalisme guru di bidang sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika (STEAM).Mendikbudristek, Nadiem Makarim, mengatakan bahwa "Transformasi pendidikan dimulai dari guru".

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berkomitmen untuk mendukung guru-guru di Indonesia melalui program inovatif di bawah kebijakan Merdeka Belajar.

Program pelatihan intensif selama enam bulan dari Guru Penggerak (Teacher Leader), Platform Merdeka Mengajar baru, dan program beasiswa gelar dan non-gelar diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi guru, termasuk dalam STEAM.Maya Nelson, JIS Head of School, mengungkapkan kehormatan mereka menjadi tuan rumah program ternama, seperti CS50x Harvard, sekaligus mendukung misi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam mempromosikan praktek pengajaran yang efektif di Indonesia.

Baca Juga: Tampilan Lintas Melawai, Tempat Mejeng Anak Gaul yang Hits Era 80-an!

Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya ilmu komputer di Indonesia.Kursus tingkat pemula CS50x yang diajarkan di Universitas Harvard dan dipimpin oleh profesor dari Harvard, David J. Malan, memberikan pengantar ilmu komputer dan seni pemrograman.

Guru dari berbagai wilayah di Indonesia akan belajar cara berpikir algoritmik serta menyelesaikan masalah dengan dan tanpa kode, mencakup abstraksi, struktur data, rekayasa perangkat lunak keamanan, pengembangan web, dan banyak lagi. Bahasa pemrograman yang digunakan meliputi C, Python, SQL, JavaScript, CSS, dan HTML.Setelah berhasil menyelesaikan kursus, guru dapat kembali memimpin pelajaran atau pelatihan di kelas mereka sendiri yang selanjutnya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis siswa mereka dalam ilmu komputer dan pemrograman.Menteri Nadiem dan Profesor Malan akan memimpin diskusi dan presentasi tentang keamanan siber pada Kamis, 9 Maret, pukul 16.00-17.00 di JIS kampus Cilandak, Jakarta Selatan.

Ini merupakan kesempatan istimewa bagi para tamu untuk berdiskusi dengan dua ahli di bidangnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular