Follow Us

Layak Dicoba! Pasker ID Siapkan Karirhub untuk Para Pencari Kerja

Nada Aprillia - Selasa, 28 Februari 2023 | 16:00
Karirhub sebagai portal pencarian kerja dari Pusat Pasar Kerja (Pasker ID)
YouTube/PusatPasarKerja

Karirhub sebagai portal pencarian kerja dari Pusat Pasar Kerja (Pasker ID)

HAI-ONLINE.COM - Sebagai unit layanan yang digadang menjadi solusi pencarian kerja, Pusat Pasar Kerja (Pasker ID) menyediakan portal Karirhub sebagai sebuah jalan bagi para anak muda umtuk menemukan pekerjaan yang pas.

Berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional 2018 dan penelitian Bank Dunia menunjukkan ada sekitar 80 persen tenaga kerja Indonesia masih menempuh metode pencari kerja secara informal.

Kayak lewat informasi yang didapat dari keluarga, temen, atau media sosial, terlihat lenbih banyak dibanding yang menggunakan portal pencarian kerja.

Nah, Kepala Pusat Pasar Kerja- Kemnaker, Muchammad Yusuf sendiri memaparkan bahwa sebernya kalo dilakukan perbandingan, nggak ada cara yang lebih ideal daripada yang lainnya sih sebenernya.

Baca Juga: Pusat Pasar Kerja Hadirkan Lowongan yang Bervariasi Lewat Karirhub

"Nggak ada yang paling ideal dibandingkan yang lain. Yang ideal itu yang cepet dapet. Mau lewat media sosial, berdasarkan referensi, komunitas juga bisa. Nah, itu penting," papar Pak Yusuf.

Ia menambahkan, "Sekarang orang masuk kerja itu perlu referensi. Referensi itu adanya di komunitas. Jadi kuasai satu skill, punya skill, masuk ke komunitas itu."

Menurut Pak Yusuf, pencarian kerja itu bisa dilakukan lewat media apapun. Cuma agar lebih efisien, Pasker ID merasa butuh adanya portal digital, sebagai bentuk kehadiran pemerintah juga di tengah-tengah masyarakat dengan menyediakan saluran resmi yang terjamin keakuratannya.

"Semua cara harus ditempuh, cuma kalau misal ada orang-orang yang memiliki skill bagus, pinter, tapi karena nggak dapet informasi, nggak ada koneksi, nggak masuk komunitas, jadi dia dapet gajinya kecil, kerjaannya nggak sesuai dengan skillnya. Padahal kalo dia dapet informasi melalui digital, bisa aja dia kerja di tempat yang lebih besar lagi dengan gaji yang lebih bagus," jelasnya.

Jadi itulah kenapa Pasker ID memanfaatkan ekosistem digital, untuk para tenaga kerja itu tadi lewat portal Karirhub.

Supaya nantinya talent-talent yang ada di berbagai wilayah itu bisa kebagian informasi dan dapet kesempatan yang lebih bagus.

Baca Juga: Layanan dari Pasker ID untuk Mempersiapkan Anak Muda Masuk Dunia Kerja

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular