Follow Us

Pengacara BAPE: Nike Telah Menawarkan Perjanjian Lisensi Pada 2009

Rifka Amalia - Selasa, 21 Februari 2023 | 16:05
BAPE STA LOW.
bape.com

BAPE STA LOW.

HAI-ONLINE.COM – Update terbaru tentang perselisihan antara BAPE dan Nike akhirnya muncul di tengah pertarungan hukum yang dipicu sejak bulan Januari, mengenai pelanggaran merek dagang.

Gugatan tersebut berpusat pada merek sepatu kets BAPE STA, yang dituding menyerupai design pada sepatu Nike Air Force 1.

Dalam gugatannya, Nike menampilkan sebuah bagan grafis yang membandingkan antara model BAPE STA dengan Air Force 1, BAPE STA Mid dengan Air Force 1 Mid, SK8 STA dengan Dunk, Court STA High dengan Air Jordan 1, dan Court STA dengan Air Jordan 1 Low.

Meskipun versi BAPE menggantikan logo Swoosh Air Force 1 dengan sebuah logo bintang jatuh, Nike menganggap sepatu tersebut tetap menampilkan bagian atas dan sol yang serupa, serta meminta BAPE untuk berhenti menjualnya di pasaran.

Bagan grafis perbandingan antara sepatu merek Nike dengan BAPE.
Twitter Nicekicks

Bagan grafis perbandingan antara sepatu merek Nike dengan BAPE.

Baca Juga: Nike Resmi Gugat BAPE Atas Tuduhan Menjiplak Design Sepatu

Dikutip dari Complex (18/02), dalam sebuah surat yang diajukan di New York’s Southern District Court pada Jumat lalu, pengacara BAPE menjelaskan tentang perselisihan panjang antara merek streetwear dan sepatu kets tersebut.

Merujuk pada pertemuan tahun 2009 antara keduanya, surat dari tim hukum BAPE menyatakan bahwa Nike telah mengusulkan sebuah perjanjian lisensi untuk BAPE STA.

Pengacara BAPE meminta sebuah konferensi menjelang mosi, yang diantisipasi untuk memberhentikan gugatan dari Nike.

Surat yang memberi tahu pengadilan konferensi pra-mosi tersebut menandai tanggapan pertama BAPE terhadap tuduhan Nike.

Pengacara BAPE mengatakan bahwa penasihat internal Nike dan VP telah menemui pimpinan BAPE secara langsung ke Jepang selama dua kali pada Oktober 2009, dengan membawa ‘keberatan atas design’ pada sepatu kets BAPE.

Pengacara mengatakan bahwa Nike mengusulkan kesepakatan dengan BAPE, yang memaksanya untuk menghentikan penjualan BAPE STA.

Pada bulan yang sama, tim hukum BAPE menolak perjanjian tersebut.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest