Follow Us

Heboh Deddy Corbuzier Diberi Pangkat Tituler, Ternyata TNI Pernah Beri Jabatan Khusus Ini ke Musisi

Al Sobry - Kamis, 15 Desember 2022 | 10:28
Heboh Deddy Corbuzier Diberi Pangkat Tituler, Ternyata TNI Pernah Beri Jabatan Khusus Ini ke Musisi

Heboh Deddy Corbuzier Diberi Pangkat Tituler, Ternyata TNI Pernah Beri Jabatan Khusus Ini ke Musisi

HAI-Online.com - Bukan karena DC nggak ikut bersaing di area latihan yang kotor, bermain lumpur dan baris-berbaris tapi urgensi pangkat ini dipertanyakan publik.

Namun sebelum membahas urgen apa tidaknya host acara Close The Door itu diberi pangkat oleh Prabow Subianto, kita menilik lagi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tentang apa itu pangkat tituler?

Baca Juga: Viral Paspampres Mat Sony Mirip Sehun, Kaesang Pangarep Mirip Bihun

Menurut KBBI, Tituler berkaitan dengan pangkat atau gelar kehormatan yang diperoleh tanpa menjalankan tugas jabatan sebagai yang tersebut pada gelarnya.

Misalnya pangkat mayor tituler, berarti berpangkat mayor tetapi tidak menjalankan tugas lapangan sebagai mayor dalam kemiliteran.

Pengertian tituler secara lebih lengkap juga tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia.

Dalam PP Nomor 39 Tahun 2010 Pasal 5 ayat (2) b disebut bahwa pangkat tituler termasuk pangkat khusus yang diberikan kepada prajurit Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Lebih lanjut, Pasal 29 menyebut pangkat tituler diberikan kepada warga negara yang diperlukan dan bersedia menjalankan tugas jabatan keprajuritan tertentu di lingkungan TNI.

Jubir Menhan Prabowo Subianto, yakni Dahnil Anzar Simanjuntak mengaku, pemberian pangkat tersebut kepada Deddy Corbuzier terkait kemampuannya dalam komunikasi di media sosial untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan.

Panglima TNI terpilih yakni Laksamana Yudo Margono juga menyatakan ia tidak mempersoalkan pemberian pangkat kepada Deddy Corbuzier.

Menurutnya, TNI memang memperbolehkan memberikan pangkat tersebut selama yang bersangkutan berkontribusi bagi kemajuan institusi militer.

"Nggak ada (masalah), ada aturannya, boleh ditular apabila itu dibutuhkan, kemampuan profesionalismenya untuk kemajuan TNI," kata Yudo kepada wartawan di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Editor : Al Sobry

PROMOTED CONTENT

Latest